20 Bandara Ini Dipercaya Punya Akses WiFi Terbaik di Dunia

The American Mirror

Akses WiFi (Wireless Fidelity) menjadi salah satu sarana utama yang saat ini wajib ada di setiap bandara, apalagi di bandara yang menjadi tempat tujuan awal wisatawan untuk pergi dan tiba di suatu negara. Dengan kecepatan konektivitas yang tinggi, WiFi sangat membantu pengguna dalam berselancar di internet baik dalam mengunduh, mengunggah, streaming atau hanya sekedar membuka media sosial di bandara sembari menunggu keberangkatan pesawat.

Baca juga: Tahun 2020, Dipercaya 14.419 Pesawat Komersial Gunakan Akses WiFi di Kabin

Dilansir dari blog.rottenwifi.com, ada 20 bandara di dunia yang memiliki akses WiFi terbaik di tahun 2016 lalu. Bandara di Amerika Serikat (AS) dan Thailand berada di urutan nomor satu dan dua dari beberapa bandara yang ada di dua negara tersebut. Dari 20 urutan teratas Amerika Serikat memiliki 7 bandara yang masuk dalam kategori ini dan Thailand ada 6 bandara.

Asia Web Direct
Asia Web Direct

Peringkat pertama di duduki oleh Bill and Hillary Clinton National Airport di Arkansas, Amerika Serikat dengan kecepatan rata-rata 42,17 Mbps, tingkat kepuasan pelanggan atas WiFi di bandara ini mencapai nilai 8 dari 10. Menduduki peringkat kedua adalah Lennart Meri Tallinn di Estonia dengan kecepatan 38,30Mbps. Diperingkat ketiga adalah bandara internasional Don Mueang di Thailand dengan kecepatan WiFi 37,0 Mbps. Tahun 2015, bandara internasional Don Mueang ini berada di puncak peringkat sebelum dikalahkan oleh Bill and Hillary Clinton National Airport.

Dalam penghargaan ini, ada lima bandara baru yang masuk dalam urutan 20 teratas, tiga di antaranya di AS yakni Tampa International Airport, Page Field dan Tulsa International Airport. Dua lainnya yakni Vilnius International Airport di Lithuania dan bandara Internasional Juanda di Indonesia.

Dalam urutan sebenarnya, Kuala Lumpur International Airport berada di urutan ke empat dengan rata-rata kecepatan 34,20 Mbps. Di urutan ke lima masih di isi oleh bandara internasional di AS yakni Chattanooga Metropolitan Airport 33,53 Mbps. Sedangkan untuk bandara di Eropa yang memiliki WiFi terbaik selain Lennart ada Vilnius International Airport dengan kecepatan WiFi 24,04Mbps yang juga sebagai pendatang baru dalam dunia WiFi di bandara internasional dan berada di urutan ke 12 dari 20 bandara dengan kecepatan WiFi terbaik.

Airliners.net
Airliners.net

Di urutan enam ada bandara Changi di Singapura  dengan kecepatan WiFi 32,80 Mbps, urutan tujuh Chiang Mai, Thailand 32,54 Mbps. Urutan ke delapan ditempati Houston George Bush Intercontinental Airport 32,22 Mbps. Di urutan ke Sembilan dan sepuluh ditempati bandara Thailand yakni Hat Yai, dengan kecepatan WiFi 32,02 Mbps dan Chiang Rai 29,69 Mbps.

Di urutan ke 13 ditempati Bandara Juanda di Surabaya yang memiliki kecepatan akses internet dengan WiFi 22,63 Mbps. Untuk urutan 14, 15, 16, 17 dan 18 diisi oleh bandara milik AS dan Thailand selang seling yakni Page Field 21,77 Mbps, Suvarnabhumi 21,42 Mbps, Tulsa 20,07 Mbps, Samvi 18,15 Mbps dan JF Kennedy 17,50 Mbps.

Baca juga: Ookla – Bandara di India Tempati Urutan Empat Asia dengan Kecepatan WiFi Terbaik

Pinterest
Pinterest

Sedangkan di urutan 19 kembali di isi oleh bandara milik Indonesia yakni Ngurah Rai, Bali dengan kecepatan akses WiFi 16,71 Mbps dan urutan ke 20 di isi oleh bandara di Taiwan Kaohsing International Airport dengan kecepatan 15,20 Mbps. Memang tidak ada di daftar 20 terbaik, untuk Guanare Airport, Venezuela menjadi bandara terbaik di Amerika Selatan dalam kecepatan WiFi rata-rata 8,20 Mbps.