9 Maskapai Penerbangan ini Sewakan Flight Simulator, Satu dari Indonesia

0
Salah satu flight simulator Thai Airways yang disewakan ke masyarakat umum. Foto: Thai Aiways

Di masa pandemi Covid-19, pilot tak punya pilihan lain kecuali terus meng-upgrade skill mereka, sekalipun mereka sudah di-PHK. Bila tidak, pilot bisa saja lupa atau kehilangan ‘sentuhan’ mereka ketika mulai kembali mengudara.

Baca juga: Dear Pilot, Usai Bangkrut Thai Airways Jajaki Bisnis Flight Simulator! Segini Harganya

Selain itu, pilot pesawat komersial juga perlu melakukan tiga kali takeoff dan mendarat di malam hari dalam 90 hari terakhir yang juga harus terus di-upgrade sebelum mulai mengangkut penumpang. Karenanya, dibutuhkan latihan demi latihan di flight simulator sebelum mulai menerbangkan pesawat.

Bagi yang bingung mencarinya, kalian bisa menyewa flight simulator yang disewakan oleh sembilan maskapai ini. Dikutip dari The Points Guy, lengkapnya sebagai berikut.

1. United Airlines

Salah satu maskapai terbesar di AS dan dunia ini diketahui menyewakan flight simulator A320 dan B767-nya kepada masyarakat. Hanya saja, flilght simulator ini tak betul-betul dikelola secara profesional, melainkan untuk para rolay customer yang beruntung.

Bagi mereka yang beruntung, mereka diberi kesempatan terbang menggunakan flight simulator semala empat jam, berkunjung ke pusat pelatihan, sampai mengikuti demo prosedur penanganan darurat; termasuk meluncur di emergency evacuation slide.

2. Thai Airways

Thai Airways menawarkan tiga paket flight simulator, yakni untuk kategori basic, deluxe, dan ultimate. Pesawat yang ditawarkan flight simulator Thai Airways juga cukup beragam, seperti Boeing B734, B777ER, B744, dan Airbus A380.

3. Qantas

Sama seperti United Airlines, Qantas juga memberikan kesempatan kepada penumpang dengan miles tertentu, 92.000 poin sampai 115.000 poin, untuk menjajal flight simulator Boeing 747-nya.

4. Delta Airlines

Maskapai ini memberikan kesempatan terbuka kepada seluruh masyarakat untuk menjajal flight simulator Boeing 737-200-nya. Mereka yang berminat tidak datang ke pusat pelatihan maskapai, melainkan ke Delta Flight Museum di bandara Atlanta. Ini adalah flight simulator terbuka untuk umum pertama di AS.

5. EVA Air

Maskapai asal Taiwan ini menawarkan 90 menit pengalaman menjajal flight simulator untuk para penumpang setianya, dengan 100 ribu poin atau miles. Sayangnya itu tidak untuk semua member melainkan hanya member Gold and Diamond Card elite saja.

6. Malaysia Airlines

Malaysia Airlines menyewakan flight simulator mereka yang berada di Bandara Sultan Abdul Aziz Shah ke masyarakat umum dengan biaya sebesar 500 Ringgit Malaysia per 20 menit. Bagi penumpang setia, mereka bisa menikmatinya secara gratis dengan menukar 30.000 Enrich miles ke maskapai.

7. British Airways

British Airways bisa dibilang jadi salah satu maskapai penyedia jasa penyewaan flight simulator terlengkap, termasuk fligth simulator 767-300, 747-400, dan 777-200. Harganya sangat bervariasi, mulai dari US$548 untuk satu jam flight simulator 767, US$1,647 untuk tiga jam menikmati flight simulator B747 dan B777.

Baca juga: Garuda Indonesia Sewakan Simulator Pesawat dengan Tarif Mulai Rp1,6 Jutaan, Ikuti Thai Airways?

8. Emirates

Raksasa operator Airbus A380 ini menawarkan pengalaman merasakan fligth simulator pesawat itu kepada masyarakat. Mereka bisa datang ke Dubai Mall dan menyewanya dengan harga mulai dari US$44. Sangat terjangkau, bukan, dibanding menyewa flight simulator British Airways?

9. Garuda Indonesia

Maskapai nasional Indonesia itu diketahui memiliki berbagai flight simulator pesawat seperti Boeing 777, Boeing 737, A330, dan ATR 72. Tetapi, yang disewakan ke masyarakat umum hanya flight simulator Bombardier CRJ1000 dengan harga mulai dari Rp1,6 juta untuk 30 menit.