Thursday, June 13, 2024
HomeHot NewsAirbus Uji Sistem Kendali Penerbangan pada Prototipe eVTOL CityAirbus NextGen

Airbus Uji Sistem Kendali Penerbangan pada Prototipe eVTOL CityAirbus NextGen

FlightLab demonstrator dari Airbus Helicopters, telah berhasil menguji sistem kontrol penerbangan listrik dalam persiapan antarmuka mesin manusia – human machine interface (HMI) baru yang akan melengkapi CityAirbus NextGen, prototipe eVTOL Airbus. Tonggak sejarah ini mewakili langkah penting menuju generasi baru pesawat mobilitas udara perkotaan bertenaga listrik.

Baca juga: Airbus Gandeng MAGicALL, Kembangkan Motor Listrik Taksi Udara eVTOL CityAirbus NextGen

Kontrol pilot telah disederhanakan berkat bantuan piloting yang ditingkatkan yang disediakan oleh sistem kontrol penerbangan listrik. Menandai yang pertama dalam industri helikopter, satu tongkat pilot menggantikan tiga kontrol pilot konvensional (siklik, pedal, kolektif) dan mampu mengendalikan semua sumbu pesawat. Dengan menggunakan tongkat tunggal, pilot mampu melakukan semua manuver: lepas landas & mendarat, pendakian, penurunan, akselerasi, perlambatan, belokan, dan pendekatan.

Tongkat tunggal memakan lebih sedikit ruang, menawarkan peningkatan visibilitas kepada pilot dan dikombinasikan dengan HMI revisi yang menggunakan tampilan sederhana, memberikan pilihan informasi yang secara khusus disesuaikan dengan eVTOL.

“Sejak awal, kami merancang sistem ini dengan mempertimbangkan setiap parameter sertifikasi karena ini akan menjadi langkah maju yang besar dalam memvalidasi desain eVTOL mobilitas udara perkotaan kami, CityAirbus NextGen. Keuntungan dari sistem kendali penerbangan listrik sangat besar, terutama dalam hal mengurangi beban kerja pilot dan pada akhirnya meningkatkan keselamatan misi. Ini juga merupakan contoh bagus tentang bagaimana para demonstran kami terbiasa mematangkan teknologi yang diperlukan untuk mempersiapkan masa depan penerbangan vertikal,” kata Tomasz Krysisnki, Kepala Riset & Inovasi di Airbus Helicopters.

Setelah keberhasilan kampanye uji terbang, Airbus Helicopters berupaya menyelesaikan rincian sistem baru ini sebelum pengujian baru dilakukan dalam kerangka Vertex, sebuah proyek yang dilakukan dalam kemitraan dengan Airbus UpNext yang akan memajukan otonomi lebih jauh lagi dengan mengelola navigasi dan menyederhanakan persiapan misi.

Baca juga: CityAirbus, Prototipe Taksi Drone Lansiran Airbus, Mengudara di Akhir Tahun Depan

Airbus telah menjadi salah satu pionir dalam mengeksplorasi bagaimana propulsi listrik dapat membantu mendorong pengembangan kendaraan udara jenis baru. Pada bulan September 2021, perusahaan meluncurkan prototipe eVTOL yang sepenuhnya listrik, CityAirbus NextGen. Airbus sedang mengembangkan solusi mobilitas udara canggih dengan eVTOL, tidak hanya untuk menawarkan layanan mobilitas baru, namun juga sebagai langkah penting dalam misinya untuk mengurangi emisi dalam penerbangan di seluruh rangkaian produknya.

RELATED ARTICLES
- Advertisment -

Yang Terbaru