Wednesday, April 17, 2024
HomeHot NewsAlstom dan SCNF Luncurkan TGV M, Mengular di Jaringan Kereta Cepat Perancis...

Alstom dan SCNF Luncurkan TGV M, Mengular di Jaringan Kereta Cepat Perancis Mulai 2024

Setelah diperkenalkan mockupnya oleh Presiden Perancis Emmanuel Macron pada 17 September 2021, kini satu tahun kemudian, kereta cepat TGV (Train a Grand Vitesse) NG (Next Generation) telah diluncurkan pada 9 September 2022 di fasiltas produksi Alstom di La Rochelle, Perancis. Rencannya, TGV NG atau yang disebut sebagai TGV M akan beroperasi di jaringan nasional kereta Perancis mulai tahun 2024.

Baca juga: Mengular di 2024, Emmanuel Macron Tampilkan Mockup Kereta Cepat TGV Generasi Mendatang

Dikutip dari railway-news.com, rencananya pihak operator, yakni SNCF akan mengoperasikan 100 unit TGV M, yakni menggantikan TGV jenis lama. Kereta cepat terbaru Perancis ini menawarkan peningkatan 20 persen ruang di dalam kabinnya, dengan kemungkinan kapasitas hingga 740 kursi dibandingkan dengan maksimum saat ini 634 kursi.

Alstom selaku manufaktur mengklaim bahwa jejak karbon TGV M per penumpang adalah yang terendah di pasar. Selain itu, setiap kereta dilengkapi dengan sensor yang secara terus-menerus mentransmisikan data agar kereta dapat diperiksa secara real time, sehingga mengoptimalkan perawatan dan ketersediaan.

Setelah peluncuran pada 9 September lalu, unit perdana TGV M akan memulai pengujian dinamis pada kecepatan 200 kilometer per jam di Velim, Republik Ceko akhir tahun ini.

Sebuah analisis rinci juga sedang berlangsung untuk mengukur kompatibilitas TGV M dengan jaringan kereta di Perancis. Ini tak lain untuk emastikan kereta baru terdaftar dengan benar di semua stasiun dan akan mengidentifikasi pekerjaan adaptasi yang diperlukan.

Misalnya, survei yang telah diselesaikan di hampir 70 stasiun menunjukkan perlunya memindahkan rambu berhenti untuk memudahkan pengemudi melihat sinyal. Ini karena hidung TGV baru telah diperpanjang agar lebih aerodinamis.

Baca juga: TGV Bersejarah Tampil di Praha, Promosikan Jaringan Kereta Cepat di Ceko

Pemerintah Macron telah mengalokasikan anggaran 6,5 miliar euro (US$7,6 miliar) dalam investasi untuk memperluas jalur kereta api berkecepatan tinggi, dan meningkatkan penggunaan kereta api telah menjadi bagian dari strategi pemerintahnya untuk mengurangi emisi.

RELATED ARTICLES
- Advertisment -

Yang Terbaru