Thursday, April 18, 2024
HomeHot NewsApakah Pilot Boleh Tidur Selama Pesawat dalam Mode Autopilot?

Apakah Pilot Boleh Tidur Selama Pesawat dalam Mode Autopilot?

Hadirnya teknologi autopilot membuat tugas dan beban kerja pilot dalam menerbangkan pesawat dari bandara awal sampai ke bandara tujuan jadi lebih ringan. Karenanya, tak sedikit yang menduga bahwa pilot sering kali tidur dan membiarkan fotur autopilot bekerja. Benarkah demikian?

Baca juga: Ketika Penerbangan Jarak Jauh, Apa Saja Sih Yang Dilakukan Pilot?

Kita tahu, sebelum memulai penerbangan, pilot dan kopilot biasanya akan bertemu untuk membahas berbagai hal, seperti rute yang dilalui, bahan bakar minimum (bergantung pada jumlah awak, penumpang, kargo, cuaca, dan kemungkinan rintangan selama penerbangan), informasi cuaca, dan informasi bandara tujuan serta bandara yang dilalui sepanjang perjalanan.

Semua itu menjadi kewajiban pilot sebelum memulai penerbangan dan memegang peran vital terhadap keselamatan dan keamanan penerbangan.

Saat sudah di kokpit dan sebelum lepas landas, pilot sibuk melakukan berbagai hal, mulai dari mengecek prosedur boarding oleh kru kabin, berkomunikasi dengan teknisi, staf pengisian bahan bakar Avtur, serta petugas lainnya yang berkepentingan.

Pilot juga harus berkomunikasi dengan teknisi terhadap hasil pemeriksaan pesawat untuk dinyatakan laik tidaknya terbang. Demikian juga dengan petugas pengisian bahan bakar. Ia akan memberikan semacam slip untuk mengkonfirmasi jumlah bahan bakar yang diisi dan itu membutuhkan tanda tangan pilot.

Sampai urusan manifes penumpang sekalipun, pramugari harus melaporkannya kepada pilot, termasuk ada tidaknya penumpang yang mencurigakan. Singkatnya, sejak sebelum lepas landas, pilot sangat sibuk.

Setelah pilot dan kopilot puas dengan berbagai informasi yang dibutuhkan dan setelah seluruh persiapan penerbangan rampung, mereka akan meminta kru kabin untuk menutup pintu pesawat, pushback, dan lepas landas atas izin dari petugas ATC.

Di tiga menit awal penerbangan, ini adalah waktu-waktu kritis dan termasuk dalam critical eleven, dimana pilot kopilot sangat fokus dan hati-hati dalam menerbangkan pesawat. Di momen ini pesawat rawan terjadi kecelakaan karena sedang memacu mesin di kecepatan tinggi untuk climbing mencapai ketinggian jelajah.

Saat sudah mencapai ketinggian jelajah, pilot biasanya akan mengaktifkan mode autopilot. Sistem autopilot akan mengontrol banyak hal, mulai dari navigasi, komunikasi elektronik, cuaca, lintasan penerbangan, terbang ke bandara tujuan, bahkan sedikit bermanuver menghindari cuaca buruk. Jadi, pilot bisa sedikit bersantai. Lantas, ketika pesawat dalam mode autopilot apakah pilot diperbolehkan tidur?

Menurut Eric Auxier, kapten pilot Boeing 777, seperti dikutip dari Quora, jawabannya adalah tidak. Pilot tidak boleh tidur saat pesawat dalam mode autopilot. Lantas, apa yang dilakukan pilot saat pesawat dalam kendali autopilot? Banyak hal dan yang paling utama adalah mengawasi kinerja autopilot dengan memperhatikan indikator cuaca, ketinggian, angin, kecepatan, sudut kemiringan, dan lainnya.

Baca juga: Apakah Pendaratan Autopilot Lebih Sulit atau Lebih Mulus Dibanding Pendaratan Secara Manual?

Ia melanjutkan, pilot yang kedapatan tertidur akan mendapatkan sanksi tegas dari maskapai tempatnya berkerja ataupun dari regulator. Pilot tertidur saat dalam penerbangan adalah tindakan ilegal. Sedang satu pilot saja ilegal apalagi kedua pilot (kapten dan kopilot) tertidur bersamaan, itu lebih parah.

Pilot sebetulnya diizinkan regulator dan maskapai tidur dalam penerbangan. Tetapi, bukan tidur di kokpit melainkan tidur di ruang khusus untuk kru istirahat. Biasanya dalam penerbangan jarak jauh dengan catatan di kokpit tetap ada dua pilot yang menjalankan penerbangan. Artinya, ada pilot pengganti.

RELATED ARTICLES
- Advertisment -

Yang Terbaru