Beberapa Hal Yang Terlupakan dari Nama Besar Boeing

Dari puluhan merek pesawat yang ada di seluruh dunia, boleh dibilang nama dengan elektabilitas tertinggi adalah Boeing. Kenapa Boeing? Selain namanya sudah lekat sebagai salah satu ikon besar dunia aviasi Amerika Serikat, faktanya hampir seluruh maskapai di dunia mengoperasikan tipe pesawat lansiran Boeing, bahkan Boeing juga dioperasikan oleh maskapai Rusia, Aeroflot yang setidaknya sudah menggunakan tipe Boeing 737-800 dan Boeing 777-300ER.

Baca juga: Sepi Pesanan, Boeing 747 Beralih dari “Queen of the Skies” Jadi “Flying Truck”

Kebesaran Boeing bisa ditunjukkan dari jumlah pesawat yang diproduksi, untuk tahun 2016 saja, Boeing sudah memproduksi 748 unit pesawat komersial, 180 unit pesawat militer, dan 5 satelit. Dari ragam pesawat yang dirilis, seri Boeing 737 narrow body didapuk sebagai pesawat yang paling banyak diproduksi. Selama berdiri, ternyata merek ini sudah membawa lebih dari 16,8 miliar penumpang atau bisa dikatakan dua kali populasi dunia. Sehingga bisa dikatakan ada kemungkinan Anda pasti pernah, atau bahkan sering menggunakan Boeing dalam perjalanan dengan moda udara.

KabarPenumpang.com merangkum dari aviationcv.com (16/5/2017), selain kondang sebagai nama pesawat, nama besar Boeing juga ikut diadaptasi dalam beberapa momen besar dan lokasi yang mungkin terlupakan oleh Anda.

1. Boeing ternyata sudah tua
Ternyata, Boeing sudah berdiri 110 tahun sejak Orville dan Wilbur Wright melakukan penerbangan pertama mereka di Kill Devil Hills New York City. Namun dalam kurun waktu 13 tahun, Wright bersaudara menemukan pesawat terbang, sampai Boeing menemukan kedua saudara ini. Boeing didirikan oleh William E Boeing tahun 1916 di Seattle dan mempekerjakan 175 ribu orang serta hadir di hampir setengah negara di dunia.

2. Boeing City
Pabrik di Everett seperti kota kecil yang memiliki pemadam kebakaran sendiri, pasukan keamanan, klinik medis yang lengkap, gardu listrik dan instalasi pengolahan air.

Pabrik Boeing Everett (www.aviationcv.com)

3. Boeing Dreamliner 787
Salah satu produk unggulan Boeing, yakni pesawat berbadan lebar Boeing 787 Dreamliner dibangun dari 2,3 juta bagian, dimana sebagian besar komponennya didatangkan dari pemasok di luar Amerika Serikat. Sebagai perbandingan, pesawat Boeing 737 hanya memiliki 400 ribu bagian.

4. Bangunan terbesar di bumi
Pabrik Boeing di Everett merupakan bangunan terbesar di dunia dengan luas 13,3 juta meter kubik dan masuk dalam Guinness World Records.

5. Ramah Lingkungan
Dreamliner merupakan pesawat Boeing yang paling ramah lingkungan. Ada dua alasan yakni kemampuan hemat bahan bakar yang spektakuler, pesawat ini dirancang agar 20 persen lebih efisien daripada Boeing 767. Alasan kedua, yakni Boeing 787 adalah pesawat terbang pertama di dunia yang menggabungkan material komposit dalam konstruksi badan pesawatnya.

Boeing 747-400

6. Setara 29 ekor gajah
Dreamliner mempunyai berat kosong sekitar 117,617 kg atau setara dengan 29 ekor gajah. Rentang sayapnya 60 meter, panjangnya 57 meter dan tinggi 17 meter.

7. Lebih cepat dari Bolt
Pesawat penumpang terbesar yang pernah dibuat Boeing, jumbo jet 747 bisa menempuh jarak 100 meter dalam waktu 0,36 detik.

Baca juga: Boeing Tampilkan Konsep Kamar Mandi Mewah Pada Business Jet Class

8. Ruang angkasa
Program luar angkasa Amerika menampilkan Boeing didalamnya. Keterlibatan Boeing dimali tahun 1960 ketika roket Delta II diluncurkan dan membawa satelit Echo 1A ke orbit. Kemudian tahun 1966 dan 1967, Orbit Lunar yang dibangun Boeing mengelilingi bulan. Ini untuk memotret permukaan dan membantu NASA memilih tempat pendaratan yang aman bagi astronot Apollo 11. Pembangunannya diintegrasikan dengan Boeing yang juga membuat booster tahap pertama.

9. Boeing 747 memuat 350-400 penumpang dan pernah membawa 1087 orang sekaligus
Selama operasi Solomon, Israel menggunakan pesawat ini untuk dimodifikasi mengangkut para pengungsi. Ini mengalahkan rekor evakuasi Qantas 747 dengan 674 penumpang.

10. Rusun Boing
Di kawasan Kemayoran, Jakarta Pusat terdapat blok rumah susun (rusun) tua yang diberi diberi nama Boing, penamaan rusun di lahan bekas area Bandara Internasional Kemayoran untuk mengenang identitas dirgantara di lokasi tersebut, salah satunya denga mengambil nama pesawat “Boeing” dan “Conver.”