Beli Tiket Pesawat Offline di Bandara Lebih Murah, Benarkah?

0
ilustrasi nomor penerbangan. Sumber: Liputan6.com

Era digital mendorong penumpang pesawat membeli tiket secara online. Itu dianggap lebih mudah tanpa perlu repot-repot ke bandara atau loket untuk membelinya, baik di hari H ataupun sebelumnya. Namun, keduanya disebut memiliki konsekuensi yang berbeda, dimana membeli tiket secara offline lebih murah dibanding membeli tiket lewat online. Benarkah?

Baca juga: Siap-siap, Tiket Pesawat Bakal Naik Gegara Harga Avtur Melonjak 70 Persen

Menurut video viral di TikTok, membeli tiket pesawat secara offline lebih murah dibanding online sangat mungkin terjadi. Dengan catatan, hanya bagi maskapai ultra LCC semisal Allegiant Air, Frontier Airlines, dan Spirit Airlines atau maskapai lain yang mengenakan Electronic Carrier Usage Charge untuk pembelian tiket secara online.

Allegiant Air membebankan kepada penumpang Electronic Carrier Usage Charge untuk pemesanan tiket penerbangan secara online. Di laman resmi maskapai, disebutkan “tarif yang tertera sudah termasuk biaya penggunaan elektronik sebesar US$18 per penumpang, per segmen, berlaku untuk semua reservasi maskapai yang dipesan melalui situs web atau call center,” jelasnya.

Menariknya, menurut airfarewatchdog, Allegiant Air juga memberikan antitesa atau kebalikan dari charge tambahan untuk penumpang yang membeli tiket secara online.

Disebutkan, Allegiant sering menawarkan diskon penerbangan pulang-pergi untuk penumpang yang membeli tiket secara online di laman web resmi. Diskon serupa terkadang tak berlaku untuk pembelian tiket offline di loket-loket pembelian resmi.

@mcmillansonthego

#flighthacks #traveltiktok #traveltips #saveonflights #saveontravel #travelchronicles

♬ Paradise – Bazzi

Selain Allegiant, Frontier Airlines juga membebankan Carrier Interface Charge berkisar US$4 hingga US$21 per perjalanan kepada penumpang yang membeli tiket secara online.

Frontier menyebut, biaya ini (Carrier Interface Charge) sebagai harga tarif standar yang ditampilkan maskapai penerbangan secara online. Airfarewatchdog mengatakan, maskapai tersebut juga memiliki jam operasional konter terbatas sehingga menyulitkan penumpang membeli tiket secara offline.

“Aturan umum adalah bahwa loket tiket akan dibuka dua jam sebelum jadwal keberangkatan, dan saya berencana untuk sampai di sana tepat saat loket dibuka untuk menghindari antrean panjang. Jika tidak ada penerbangan lain, konter tiket biasanya tutup 45 menit sebelum keberangkatan,” tulisnya.

Serupa dengan dua di atas, penumpang Spirit Airlines juga harus membayar Carrier Interface Charge sebesar US$22,99 per perjalanan untuk setiap pembelian tiket secara online.

Biaya ini dapat dihindari dengan memesan penerbangan di loket tiket Spirit Airlines di bandara. Namun, bukan berarti pembelian tiket secara offline di bandara tidak dikenakan biaya tambahan.

Baca juga: Ikutan Menjerit Karena Harga Tiket Pesawat Mahal? Cek Dulu Penyebabnya!

Disebutkan, biaya-biaya lain seperti Regulatory Compliance Charge and Fuel Charge akan tetap ditagih oleh maskapai ketika penumpang membeli tiket mereka di bandara. Menariknya, dua biaya itu terkadang tidak dikenakan bagi pembelian tiket secara online.

Di luar tiga maskapai itu, seperti Delta Airlines, United Airlines, dan Southwest Airlines, yang notabene tidak mengenakan biaya pemesanan online, pembelian tiket secara offline maupun online hasilnya sama saja, tidak ada perbedaan harga dimana satu lebih murah dan lainnya lebih mahal.