Berkat Lubang Kecil Ini, Jendela Pesawat Dipastikan Bebas Kabut

0
Lubang keil di kaca tengah jendela pesawat terbang

Sebagai sebuah struktur yang terbilang kompleks, wajar adanya bila banyak bagian dari pesawat yang tak diketahu penumpang umum. Meski begitu, bisa dipastikan setiap bagian pesawat telah dirancang dengan fungsinya masing-masing. Salah satu yang boleh dibilang luput dari perhatian penumpang adalah adanya lubang berukuran kecil pada jendela pesawat.

Mungkin karena ukurannya yang kelewat kecil, tak banyak dari kita yang memperhatikan adanya lubang tersebut. Tapi tahukah karena adanya lubang tersebut, maka jendela pada pesawat tidak pernah berembun. Ya inilah yang disebut sebagai breather hole, dengan lubang kecil ini jumlah tekanan udara yang melewati antara panel dalam dan luar jendela dapat disesuaikan. Singkatnya, breather hole berperan untuk memastikan bahwa panel luar memiliki tekanan lebih besar. Dan lubang kecil inilah yang membuat mengapa jendela pesawat tidak pernah berkabut, lantaran kelembaban yang diatur di antara panel.

Lain dari breather hole, masih ada beberapa item di kabin yang jarang diketahui fungsinya. KabarPenumpang.com merangkum dari laman escape.com.au (11/10/2017), pesawat terbang sebenarnya dirancang khusus secara cermat untuk memastikan keamanan dan kenyamanan para penumpang. Namun, banyak penumpang yang masih tidak memanfaatkan fitur tersembunyi yang juga terlihat mata atau justru di sekitaran kursi tempat Anda duduk.

Baca juga: Ada Tanda Segitiga Misterius di Kabin Pesawat, Apakah Artinya?

1. Pegangan kompartemen
Setiap penumpang melihat para awak kabin yang berjalan dengan tangan sembari memegang kompartemen atas. Sebenarnya, ini adalah untuk memberitahukan pada Anda bahwa bagian kompartemen ada yang bisa dipegang bila berjalan di lorong kabin. Hal ini seperti ada di kereta api yang memiliki pegangan hanya saja penumpang bisa langsung melihatnya tidak seperti di kabin pesawat.

Ada lagi hal rahasia lainnya seperti sandaran tangan yang bisa diangkat dan disejajarkan dengan kursi Anda. Biasanya bisa ditekan dengan tombol yang ada disekitaran sandaran kursi dan engselnya akan terangkat, dengan seperti ini bisa membuat Anda mendapat ruang sedikit lebih banyak saat ukuran kursi menyusut. Awalnya ini dirancang untuk memudahkan penumpang menyelamatkan diri lebih cepat jika dalam keadaan darurat yang juga digunakan untuk para penyandang disabilitas masuk dan keluar dari tempat duduk mereka.

2. Kait kuning dekat pintu darurat
Ada pula kait berwarna kuning yang berada di pesawat, ini digunakan untuk mengikat tali ke pintu pesawat dan slide tiup sehingga penumpang dapat menahannya saat akan pergi keluar melalui sayap pada keadaan darurat.

Baca juga: Meski Terlihat Bersih, Kursi dan Meja Lipat di Kabin Pesawat Dipenuhi Bakteri

3. Air panas gunakan air keran
Yang terakhir adalah air panas yang digunakan untuk menyeduh teh atau kopi Anda, yakni menggunakan air keran dimana ada hasil penelitian Amerika Serikat setiap delapan pesawat gagal memenuhi standar keamanan air dan 15 persen sistem air di pesawat saat diuji mengandung bakteri yang berbahaya.

Leave a Reply