Saturday, July 13, 2024
HomeAnalisa AngkutanBiaya Pengajuan Visa Setiap Negara Kerap Berbeda Jauh, Ini Sebabnya!

Biaya Pengajuan Visa Setiap Negara Kerap Berbeda Jauh, Ini Sebabnya!

Biaya pengajuan visa setiap negara umumnya berbeda, bahkan tidak jarang ada perbedaan biaya yang begitu tajam. Sebut saja biaya pengajuan visa perorangan untuk one trip ke Korea Selatan yang dikisaran Rp800.000, sementara biaya visa perorangan Schengen ke Perancis mencapai Rp1,5 jutaan. Lebih unik lagi, ke Rusia biayanya US$100 dan harus dibayar tunai dalam dollar.

Baca juga: Sebaiknya Anda Tahu, Tujuh Negara ini Dikenal Paling Sulit Mengeluarkan Visa untuk Pelancong

Nah, biaya pengajuan visa bisa berbeda-beda antar negara karena berbagai faktor yang mempengaruhi proses dan kebijakan imigrasi. Dari laman quora.com, berikut adalah beberapa faktor utama yang menyebabkan perbedaan biaya pengajuan visa:

1. Kebijakan Imigrasi dan Keamanan
Negara yang memiliki prosedur pemeriksaan keamanan lebih ketat dan kompleks biasanya mengenakan biaya yang lebih tinggi untuk menutupi biaya administrasi dan operasional terkait, dan negara yang menghadapi risiko keamanan lebih tinggi mungkin mengenakan biaya lebih tinggi untuk mengelola dan mengurangi risiko tersebut.

2. Jenis Visa
Biaya visa bervariasi tergantung pada jenis visa yang diajukan, seperti visa turis, visa kerja, visa pelajar, atau visa tinggal sementara/permanen. Visa yang memerlukan pemeriksaan lebih mendalam atau lebih banyak administrasi cenderung lebih mahal.

Visa dengan durasi yang lebih lama atau yang memungkinkan banyak kali masuk (multiple entry) biasanya lebih mahal daripada visa dengan durasi lebih pendek atau yang hanya mengizinkan satu kali masuk (single entry).

3. Proses dan Layanan
Biaya pengolahan aplikasi visa, termasuk biaya administrasi, pemeriksaan dokumen, dan pemrosesan biometrik, dapat mempengaruhi biaya visa. Kemudian layanan tambahan seperti pemrosesan visa ekspres atau layanan premium juga dapat meningkatkan biaya visa.

4. Perjanjian Bilateral dan Timbal Balik
Beberapa negara menetapkan biaya visa berdasarkan prinsip timbal balik, yang berarti biaya visa untuk warga negara lain akan sama dengan biaya yang dikenakan oleh negara tersebut untuk warga negara asal. Negara-negara dengan hubungan diplomatik yang kuat atau perjanjian khusus mungkin memiliki biaya visa yang lebih rendah atau bahkan bebas visa.

5. Ekonomi dan Pendapatan
Negara dengan pendapatan yang lebih rendah mungkin mengenakan biaya visa yang lebih tinggi untuk menghasilkan pendapatan tambahan bagi negara tersebut. Biaya hidup dan biaya layanan di negara tersebut juga dapat mempengaruhi biaya visa. Negara dengan biaya hidup yang lebih tinggi mungkin mengenakan biaya yang lebih tinggi untuk layanan visa.

6. Faktor Demografis dan Sosial
Tingginya permintaan visa dari warga negara tertentu dapat mempengaruhi biaya. Negara yang menerima banyak aplikasi visa mungkin menetapkan biaya yang lebih tinggi untuk mengelola volume permintaan tersebut.

Negara dengan kebijakan imigrasi yang lebih terbuka mungkin menetapkan biaya yang lebih rendah untuk menarik lebih banyak wisatawan, pelajar, atau pekerja. Sebaliknya, negara dengan kebijakan imigrasi yang lebih ketat mungkin menetapkan biaya yang lebih tinggi.

Sebaiknya Anda Tahu, 10 Negara ini Jarang Tolak Pengajuan Visa Schengen

RELATED ARTICLES
- Advertisment -

Yang Terbaru