Thursday, June 13, 2024
HomeDomestikCatat, Begini Cara Temukan Barang Tertinggal-Hilang di Stasiun-Kereta LRT Jabodebek

Catat, Begini Cara Temukan Barang Tertinggal-Hilang di Stasiun-Kereta LRT Jabodebek

Seiring tingginya traffic penumpang LRT Jabodebek, petugas di stasiun dan kereta mulai banyak menemukan barang hilang atau tertinggal. Kendati petugas mengamankan barang tersebut, dari sisi penumpang, tak jarang justru bingung cara menemukan atau mendapatkannya kembali. Padahal, cara menemukan barang hilang atau tertinggal di stasiun dan kereta LRT Jabodebek sangat mudah.

Baca juga: Mulai 16 September Keberangkatan Terakhir Pukul 20.00, Berikut Jadwal LRT Jabodebek Terbaru

Sejak beroperasinya LRT Jabodebek pada 28 Agustus 2023, minat masyarakat untuk menggunakan LRT Jabodebek cukup tinggi. Terhitung sejak 28 Agustus s.d 8 Oktober 2023 LRT Jabodebek telah melayani 1.861.088 pengguna jasa.

Tingginya jumlah pengguna jasa yang menggunakan LRT Jabodebek berdampak pada terdapatnya sejumlah barang penumpang yang tertinggal baik di Stasiun maupun di dalam kereta dan berhasil diamankan petugas.

Tercatat mulai awal beroperasi hingga awal Oktober, petugas LRT Jabodebek berhasil mengamankan ratusan barang penumpang yang tertinggal di kereta maupun stasiun. Barang yang ditemukan diantaranya KTP, handphone, STNK, emas, kunci sepeda motor, tas, tempat makanan, jaket dll.

LRT Jabodebek berkomitmen untuk memberikan layanan terbaik kepada pelanggan termasuk menyiapkan petugas yang siap untuk mengamankan dan memastikan barang penumpang tertinggal hingga dapat dikembalikan kepada pemiliknya.

Manager Public Relations LRT Jabodebek Kuswardoyo menyampaikan bahwa barang bawaan merupakan tanggung jawab penumpang, namun untuk memberikan layanan terbaik, petugas di kereta maupun stasiun akan selalu berupaya membantu mengamankan barang tertinggal yang masih ada di atas kereta maupun stasiun.

Petugas LRT Jabodebek selalu melakukan pemeriksaan secara berkala pada area-area kereta maupun di stasiun untuk memastikan tidak ada barang penumpang yang tertinggal. Selain itu petugas di kereta maupun di stasiun juga mengingatkan kepada penumpang untuk menjaga barang bawaanya agar tidak tertinggal maupun berpindah tangan kepada orang lain.

“Bagi para penumpang yang merasa kehilangan atau tertinggal barang di dalam kereta atau di lingkungan stasiun, dapat melaporkan kepada petugas yang ada di kereta, maupun petugas yang ada di stasiun,” ujarnya.

Untuk penumpang yang sudah tidak berada di area kereta dan stasiun, lanjut Kuswardoyo, cara menemukan atau mendapatkan barang yang hilang atau tertinggal dapat melaporkan melalui Contact Center KAI melalui telepon di 121, email cs@kai.id, atau media sosial KAI121.

Apabila ada laporan dari penumpang mengenai barang bawaan tertinggal, petugas LRT Jabodebek akan melakukan koordinasi dan pencarian, jika dapat ditemukan saat itu juga maka langsung diserahkan kembali kepada pelapor dengan proses pelapor menunjukan kartu identitas dan verifikasi kepemilikan barang.

Baca juga: Barang Bawaan Tertinggal Saat Naik KRL, Kini Tak Perlu khawatir Lagi

Jika barang belum bisa ditemukan, akan dilakukan konfirmasi melalui telepon kepada pelapor terkait perkembangan penanganannya, jika diketemukan maka untuk proses penyerahan pelanggan wajib menunjukkan kartu identitas dan proses verifikasi kepemilikan barang.

“LRT Jabodebek menghimbau kepada pengguna jasa LRT Jabodebek untuk selalu memperhatikan barang bawaan ketika melakukan perjalanan, baik di dalam kereta maupun di stasiun,” tutupnya.

RELATED ARTICLES
- Advertisment -

Yang Terbaru