Thursday, February 22, 2024
HomeHot NewsCathay Group Borong Enam Unit Pesawat Kargo Airbus A350F, Mampu Bawa Payload...

Cathay Group Borong Enam Unit Pesawat Kargo Airbus A350F, Mampu Bawa Payload 111 Ton

Cathay Group dari Hong Kong menjadi maskapai terbaru yang memesan A350F, menyusul penandatanganan perjanjian pembelian enam pesawat. A350F akan bergabung dengan divisi kargo maskapai ini, Cathay Cargo, dan akan menjadi elemen sentral dalam armada masa depannya, sehingga menghadirkan tingkat efisiensi baru di seluruh jaringan luasnya.

Baca juga: Emirates Bukukan Pesanan 65 Unit Airbus A350-900, Spesial untuk Penerbangan 15 Jam dari Dubai

Saat ini dalam pengembangan, A350F dapat membawa muatan hingga 111 ton dan dapat terbang hingga 4.700 mil laut/8.700 kilometer dengan biaya yang jauh lebih rendah dibandingkan kapal barang lain yang tersedia saat ini. Hal ini akan memungkinkannya melayani semua pasar kargo berat, termasuk rute pengangkutan terbesar di dunia antara Hong Kong dan Anchorage.

Chief Executive Officer Cathay Group Ronald Lam berkata: “Saat kita memasuki tahun 2024, perjalanan pembangunan kembali kami mendapatkan momentum. Urutan ini menandai komponen penting lainnya dalam investasi kami untuk masa depan. Hal ini mencerminkan kepercayaan Cathay terhadap hub Hong Kong seiring kami menantikan peluang yang diberikan oleh Sistem Tiga Landasan Pacu.”

“Pesawat kargo generasi mendatang yang sangat hemat bahan bakar ini akan memberikan tambahan kapasitas kargo yang penting, memperluas jaringan global kami, dan berkontribusi terhadap tujuan kepemimpinan keberlanjutan kami.”

Christian Scherer, Chief Commercial Officer dan Head of International Airbus mengatakan: “Ada standar baru di bidang kargo dan kami bersyukur bahwa operator kargo udara global yang cerdas seperti Cathay telah bergabung dengan semakin banyak pemain referensi di bidang angkutan udara. industri memilih A350F.”

“Pesawat ini akan cocok dengan armada penumpang A350 Cathay yang sudah ada, sekaligus menurunkan biaya pengoperasian ke tingkat yang belum pernah terjadi sebelumnya di pasar kargo yang semakin kompetitif. Pada saat yang sama, hal ini akan menghasilkan pengurangan emisi karbon yang sangat signifikan dan berkontribusi langsung terhadap tujuan keberlanjutan.”

Ditenagai oleh mesin Rolls-Royce Trent-XWB97 berteknologi terkini, pesawat ini akan menghasilkan pengurangan konsumsi bahan bakar dan emisi karbon hingga 40% jika dibandingkan dengan 747F versi lama dan setidaknya 20% lebih efisien dibandingkan pesaingnya.

A350F memiliki pintu kargo dek utama terbesar di industri, dengan panjang badan pesawat dan kapasitas yang dioptimalkan sesuai standar palet dan kontainer industri. Lebih dari 70% badan pesawat terbuat dari bahan-bahan canggih, sehingga menghasilkan bobot lepas landas 46 ton lebih ringan dibandingkan turunan pesaingnya. A350F juga merupakan satu-satunya pesawat kargo yang akan sepenuhnya memenuhi standar peningkatan emisi CO₂ ICAO, yang mulai berlaku pada tahun 2027.

Air France-KLM dan Airbus Bentuk Joint Venture untuk Produksi Komponen A350

Sebagai bagian dari keluarga pesawat berbadan lebar paling modern di dunia, A350F juga menawarkan tingkat kesamaan yang tinggi dengan pesawat penumpang A350, sehingga memberikan manfaat tambahan bagi maskapai penerbangan yang sudah menerbangkan model dari keluarga tersebut.

Cathay sudah menjadi salah satu operator A350 terbesar, dengan armada saat ini sebanyak 47 pesawat. Ini termasuk A350-900 dan A350-1000, yang terutama dioperasikan pada jaringan rute jarak jauh milik maskapai tersebut.

RELATED ARTICLES
- Advertisment -

Yang Terbaru