Daop 3 Cirebon: Mulai Oktober 2018, Pembatalan Tiket Dapat Dilakukan via Aplikasi KAI Access

E-Boarding melalui KAI Access (Detik.com)

PT KAI yang baru saja memasuki usia ke-73 tahun, selain menghadirkan berbagai promo menarik juga menghadirkan inovasi terbaru dalam aplikasinya. Inovasi terbaru ini sendiri untuk meningkatkan pelayanan kepada masyarakat yang juga pelanggan kereta api Indonesia.

Baca juga: HUT PT KAI Ke-73, Daop 5 Luncurkan Dua Kereta dengan Rangkaian Baru

Kehadiran inovasi terbaru ini sendiri adalah kemudahan khususnya masyarakat Kota Cirebon dan sekitarnya yang ingin membatalkan tiket maupun mengubah jadwal perjalanan kereta api mereka tanpa harus mengantre di loket pembatalan yakni melalu aplikasi KAI Access. KabarPenumpang.com mengutip darri radarcirebon.com, Manager Humas PT KAI Daop 3 Cirebon Krisbiyantoro megungkapkan, PT KAI sebagai perusahaan BUMN yang secara langsung bersentuhan dengan semua elemen masyarakat tentu sangat mempedulikan aspek pelayanan.

“Dengan adanya inovasi aplikasi KAI Access yang telah dikembangkan oleh PT KAI ini diharapkan dapat mempermudah proses pembelian maupun pembatalan tiket penumpang keret api, serta dapat mengakomodir keinginan masyarakat yang telah lama ditunggu-tunggu untuk dapat mengubah jadwal maupun melakukan pembatalan tiket secara online,” ujarnya.

Tak hanya itu, VP Public Relation PT KAI Agus Komarudin terkait inovasi terbaru pembatal tiket tersebut membenarkan hal tersebut dan mengatakan, dalam aplikasi KAI Access tersebut, akan ada fitur terbaru yakni ubah jadwal serta pembatalan tiket.

“Fitur ini sendiri dapat diakses mulai awal Oktober 2018,” ujar Agus kepada KabarPenumpang.com, Senin (1/10/2018).

Selain itu akan menyusul fitur lainnya yakni pemesanan tiket kereta api lokal yang pembayarannya bisa menggunakan e-wallet. Pada tahap pertama akan diberlakukan pada Kereta api lokal Bandung Raya. Kemudian secara bertahap akan dibuat sehingga tiket kereta api lokal lainnya dari berbagai daerah bisa dipesan melalui KAI Access sehingga tak lagi penumpang harus antre di loket stasiun.

Baca juga: Jelang HUT PT KAI Ke-73, Promo Tiket Bertebaran Untuk Anda

“Peluncuran dan upgrade beberapa produk dari PT KAI dan penandatanganan MoU dengan pemerintah/lembaga/perusahaan baik BUMN maupun swasta merupakan bukti nyata bahwa kami tidak berhenti untuk terus melakukan inovasi demi meningkatkan layanan kepada masyarakat pengguna jasa Kereta api dan juga demi kemajuan perkeretaapian Indonesia. Satu tahun kedapan kami juga canangkan sebagai tahun inovasi,” uar Direktur PT KAI Edi Sukmoro melalu keterangan tertulis.