Dari Gothenburg Swedia, 94 Tahun Lalu Volvo Resmi Berdiri

0
Volvo OV 4 (supercars.net)

Siapa yang tak kenal dengan Volvo? Ini adalah salah satu merek otomotif  paling terkenal di dunia. Namun tahukah Anda sejak kapan Volvo didirikan? Ternyata secara resmi, Volvo berdiri sejak 14 April 1927. Saat itu seri OV 4 tersebut merupakan seri mobil Volvo yang pertama kali diproduksi.

Baca juga: Sabuk Pengaman Model “V,” Lambang Supremasi Teknologi Volvo

OV 4 sendiri adalah singkatan dari Oppen Vagn 4 cylindrar atau kendaraan terbuka 4 silinder. Mobil ini dirancang sejak 1926 dan sekitar satu tahun kemudian, saat OV 4 dikeluarkan dari pabrik, teknisi pembuatnya yakni Eric calberg memasukkan gigi pertama. Lucunya mobil bukan melaju kedepan, tetapi mundur.

KabarPenumpang.com menghimpun berbagai laman sumber, karena insiden ini maka peluncurannya ditunda sehari dan saat itu merupakan har Jakob menurut tradisi Swedia. Sehingga Volvo OV 4 ini dijuluki dengan “Jakob”. Sayang, mobil yang mesinnya dirancang oleh Gustav Larson, salah satu pendiri Volvo ini kurang laku di Swedia, alasannya karena kabinnya yang terbuka.

Padahal Swedia adalah negara bersuhu dingin, meskipun sedang di musim panas. Oleh karenanya Volvo membuat versi tertutupnya pada akhir 1928 dan disebut PV4. OV4 dibuat hanya 297 mobil di tahun peluncurannyan. Kemudian antara tahun 1927 dan 1929 dibuat 996 unit. Dengan mesin 4 silinder 1940cc, OV4 mampu menghasilkan 28 tenaga kuda serta kecepatan maksimum 90 km per jam.

Kini Jakob, mobil pertama Volvo itu mendapat tempat istimewa di Volvo Museum di Gothenburg, Swedia. Volvo adalah perusahaan pembuat sarana angkutan dari Swedia. Perusahaan yang dahulunya adalah produsen mobil ini didirikan pada 14 April 1927 di Göteborg, sebagai anak perusahaan SKF, perusahaan yang memproduksi bearing (kolaher).

Baca juga: Volvo Siap Rilis Mobil Otonom Super Mewah Tanpa Bangku Baris Depan

Saat ini, Volvo sudah dihapus dari daftar NASDAQ pada Juni 2007, tetapi masih terdaftar di Bursa Efek Stockholm. Perusahaan ini menghasilkan truk, bus, peralatan konstruksi, sistem penggerak (drive system) untuk peralatan kelautan serta aplikasi-aplikasi industri, suku cadang pesawat udara, dan perusahaan keuangan.

Leave a Reply