Thursday, June 13, 2024
HomeAnalisa Angkutan"Dari Navigasi Sampai Keselamatan", Inilah Alasan Info Ketinggian di Stasiun Tetap Dipertahankan

“Dari Navigasi Sampai Keselamatan”, Inilah Alasan Info Ketinggian di Stasiun Tetap Dipertahankan

Meski zaman telah berubah dan teknologi perkeretaapian telah berkembang pesat, namun ada satu yang masih tetap ‘setia’ ditampilkan di bangunan atau peron stasiun, yakni pencatuman informasi ketinggian mpdl (meter di atas permukaan laut) stasiun tersebut. Tentu ada alasan yang kuat untuk mempertahankan informasi mpdl di stasiun-stasiun, apakah itu?

Baca juga: Sering Lihat Simbol dan Deret Angka Ini di Stasiun? Inilah Arti Sebenarnya!

Informasi ketinggian stasiun kereta api biasanya ditampilkan untuk memberikan informasi yang penting bagi penumpang dan awak kereta. Dan bila diperinci, berikut beberapa alasan mengapa informasi ketinggian stasiun kereta selalu ditampilkan:

1. Navigasi dan Pengetahuan Lokasi
Informasi ketinggian stasiun membantu penumpang dan awak kereta untuk mengetahui lokasi geografis dan perbedaan ketinggian di sepanjang rute kereta. Ini dapat membantu dalam navigasi dan pemahaman tentang perjalanan yang akan dilakukan.

2. Ketepatan Waktu
Informasi ketinggian juga dapat memberikan petunjuk kepada penumpang tentang bagaimana perjalanan akan memengaruhi ketepatan waktu, terutama di daerah-daerah dengan perbedaan ketinggian yang signifikan. Pengetahuan tentang daerah-daerah yang curam atau berbukit dapat membantu dalam merencanakan waktu perjalanan dengan lebih baik.

3. Keamanan dan Pengendalian Kecepatan
Ketinggian stasiun juga dapat mempengaruhi pengendalian kecepatan kereta. Di daerah-daerah dengan perbedaan ketinggian yang besar, kereta mungkin perlu melambat saat mendaki atau menuruni bukit. Informasi ketinggian membantu masinis mengatur kecepatan dengan tepat, menjaga keselamatan dan kenyamanan penumpang.

4. Pengetahuan Geografis
Informasi ketinggian stasiun juga memberikan penumpang gambaran tentang ciri geografis daerah yang dilalui oleh kereta. Ini bisa menjadi hal menarik dan menambah wawasan bagi penumpang yang ingin mengetahui lebih banyak tentang rute dan tempat-tempat yang dilalui.

5. Referensi untuk Peta dan Navigasi
Informasi ketinggian juga bisa digunakan sebagai referensi pada peta atau perangkat navigasi, terutama dalam situasi darurat atau ketika penggunaan teknologi navigasi yang canggih tidak tersedia.

Baca juga: Keunikan Papan Nama Stasiun Kereta dari Masa ke Masa

6. Informasi Publik
Menampilkan informasi ketinggian stasiun kereta api juga merupakan bagian dari pemberian informasi yang akurat dan berguna kepada penumpang. Ini adalah salah satu cara bagi operator kereta api untuk memberikan layanan yang lebih baik kepada pelanggan.

RELATED ARTICLES
- Advertisment -

Yang Terbaru