Dari Rusia Hingga Singapura, Inilah Deretan Kereta Tematik Unik dari Seluruh Dunia!

Ilustrasi Kereta Tematik. Sumber: istimewa

Bayangkan oleh Anda jika kereta yang Anda tumpangi sarat akan nilai seni yang mengundang decak kagum. Tentu jika hal tersebut terjadi, dijamin Anda akan betah berlama-lama berada di dalamnya. Tidak bisa dipungkiri, gerbong kereta komuter memang kerap kali dijadikan ‘sasaran empuk’ para pelaku seni untuk mengekspresikan nilai-nilai estetikanya. Selain itu, menghadirkan gerbong tematik menjadi salah satu cara sederhana untuk memperingati sebuah perayaan.

Baca Juga: Ada Patung Gadis Hiasi Bus di Seoul, Ada Apa Ya?

Nah, kira-kira kereta di mana saja ya yang bagian interiornya pernah dimodifikasi sedemikian rupa? Berikut KabarPenumpang.com sarikan beberapa kereta tersebut, dilansir dari laman railway-technology.com (1/2/2018).

Singapura

Sumber: sbs.com.au

Pada bulan Oktober 2017 silam, SMRT turut memeriahkan Hari Raya Diwali (Deepavali), sebuah perayaan umat Hindu yang sarat akan cahaya, simbol dari menangnya kebaikan melawan keburukan. Demi berperan serta dalam perayaan setahun sekali ini, Land Transport Authority (LTA) turut memposting penampakan gerbong SMRT yang sudah didandani tersebut.

Dapat dilihat dominasi warna kuning gading yang dikombinasikan dengan hiasan yang identik dengan nuansa Hindu ini bercokol di salah satu  gerbong SMRT. Kereta bertemakan Perayaan Diwali yang beroperasi di sepanjang North East dan Downtown Lines ini juga melintasi Singapura Little India, daerah yang terkenal memiliki populasi orang India terbesar di Singapura.

Inggris

Sumber: istimewa

Salah satu moda yang ada di jalur London Underground’s Circle pernah didandani dengan tema Rusia dan beroperasi selama tiga bulan lamanya. Tampilan kereta ini didominasi oleh warna merah, putih, dan biru, dimana itu merupakan cara yang ditempuh oleh perkeretaapian Inggris untuk lebih mengenalkan Rusia yang memiliki prestasi di bidang sains dan seni kepada para penumpangnya.

Nutcracker and the Bolshoi Theatre, lukisan Bathing of the Red Horse karya Kuzma Petrov-Vodkin yang terkenal, hingga foto Katedral St Basil dan Menara TV Ostankino menjadi beberapa gambar yang bisa Anda temui di dalam gerbong ini. Kereta bernama Heart of Russia ini juga dilengkapi dengan barcode yang dapat di scan dan menggiring pemindainya untuk mendownload aplikasi mobile Heart of Russia, yang menampilkan kilasan sejarah tentang Rusia.

Rusia

Sumber: flickr.com


Sebagai salah satu cara untuk memperingati 400 tahun kematian sastrawan legendaris dunia, William Shakespeare pada tahun 2016 silam, Moscow Metro yang bekerja sama dengan British Council meluncurkan Shakespreare Train, sebuah dedikasi tingkat tinggi terhadap sang mendiang. Dalam gerbong tersebut,  terdapat beberapa penggalan kutipan dari karya tulis Shakespeare, seperti Macbeth, King Lear, hingga Romeo dan Juliet yang fenomenal. Tak ayal, banyak penumpang yang selfie berlatarkan interior dari kereta  tematik ini.

Jepang

Sumber: istimewa


Terkenal dengan produksi film kartunnya, Jepang tak lantas menyia-nyiakan salah satu ikon negaranya ini. Sebut saja kereta bertemakan Pokemon dan Doraemon menjadi yang paling banyak diminati oleh para penumpangnya. Khusus untuk Pokemon, kereta yang mengular sejak 2012 di wilayah Tohoku di Ofunato Line ini ditujukan untuk menghibur anak-anak di daerah tersebut yang menjadi korban bencana gempa dan tsunami Jepang pada tahun 2011 silam.

Lain cerita dengan kereta bertemakan Sonic the Hedgehog, salah satu karakter kartun berbentuk landak biru favorit anak-anak. Ketika merayakan hari jadinya yang ke 25 tahun pada tahun 2016 silam, beberapa kereta yang terdapat di jalur metro Blue Sky Tokyo dihiasi oleh gambar-gambar dari Sonic yang identik dengan kecepatan larinya tersebut.

Baca Juga: Jadi Ajang Kampanye Produk, Pegangan Tangan di Angkutan Umum Dibuat Unik

Korea Selatan

Sumber: railway-technology.com


Demi memeriahkan perhelatan pesta olahraga empat tahunan ini, perkeretaapian Seoul rela merogoh kocek untuk mendandani beberapa kereta bawah tanahnya yang akan beroperasi selamakurang lebih tiga bulan, terhitung sejak bulan November 2017 kemarin. Interior gerbong kereta pun dihias dengan maskot resmi Olimpiade PyeongChang, Soohorang dan Bandabi, hingga iklan beberapa sponsor perhelatan ini.

Belum lagi stasiun Mongchontoseong yang namanya diubah menjadi stasiun PyeongChang 2018 yang lengkap dengan karya seni tiga dimensi yang sarat akan nuansa Olimpiade Korea 2018. Keren!