Monday, July 15, 2024
HomeHot NewsDeutsche Bahn Resmi Operasikan Kereta Cepat ICE 3neo, Layani Rute Frankfurt-Cologne-Munich

Deutsche Bahn Resmi Operasikan Kereta Cepat ICE 3neo, Layani Rute Frankfurt-Cologne-Munich

Operator kereta api Jerman Deutsche Bahn (DB) telah meluncurkan kereta berkecepatan tinggi ICE 3neo terbaru yang dipasok oleh Siemens Mobility. Saat ini ICE 3neo telah melayani rute antara Frankfurt/Main dan Cologne, serta Munich melalui rute kecepatan tinggi Wendlingen–Ulm dalam skema layanan reguler.

Baca juga: Dibangun dalam Waktu 12 Bulan, ICE 3neo Kereta Berkecepatan Tinggi dari Siemens

Dikutip dari Railway-technology.com (6/12/2022), disebutkan nantinya kereta ICE 3neo juga akan digunakan pada rute internasional ke Belgia dan Belanda pada tahun 2024. Dengan kecepatan maksimum hingga 300 km per jam, ICE generasi baru ini memiliki ruang untuk delapan sepeda dan tampilan reservasi baru dengan lampu LED berwarna.

Dilengkapi dengan 439 kursi yang dibagi dengan 99 kursi di kelas satu dan 340 kursi di kelas kedua serta mencakup 16 kursi di restoran di dalam kabin. Kereta juga memiliki 16 kursi di bagian keluarga dan lima di bagian balita.

ICE 3neo memiliki ruang untuk kursi roda dan delapan ruang sepeda serta 12 pintu di setiap sisi kereta. Di mana salah satu pintunya bisa diakses oleh kursi roda yang memungkinkan naik dan turun lebih cepat di stasiun. Kereta ini juga dilengkapi dengan power lift untuk memudahkan akses pengguna kursi roda.

Selain itu ICE3 neo dilengkapi dengan kaca jendela permeabel frekuensi yang memungkinkan peningkatan penerimaan ponsel di dalam kereta. Kereta ICE 3neo yang baru menampilkan kisi-kisi halus yang dilaser ke lapisan logam pada kaca, memungkinkan sinyal ponsel masuk ke kereta dengan lebih mudah.

Kereta cepat ini juga dilengkapi dengan dispenser sabun dan desinfektan tanpa kontak serta pencahayaan yang berubah nada warna tergantung pada waktu hari. Setiap kursi di kelas satu dan dua dilengkapi dengan soket listrik dan dudukan tablet, serta pengait untuk mantel. Rak bagasi juga telah didesain ulang untuk memberikan lebih banyak ruang untuk tas.

Deutsche Bahn memesan 30 kereta berkecepatan tinggi ICE baru, senilai €1 miliar ($ 1,13 miliar), dari Siemens Mobility pada Juli 2020. Pesanan tersebut mencakup opsi untuk 60 kereta ICE tambahan. Siemens sedang membangun kereta baru di pabriknya yang terletak di North Rhine-Westphalia (NRW), Bavaria dan Austria. Kereta baru awalnya akan beroperasi di Cologne berkecepatan tinggi ke jalur lembah utama antara NRW dan Jerman selatan.

DB menandatangani pesanan tindak lanjut dengan Siemens untuk 43 kereta berkecepatan tinggi ICE 3neo baru, senilai sekitar €1,5 miliar ($1,7 miliar), pada Februari 2022. Rangkaian kereta diharapkan akan dikirimkan antara tahun 2026 dan 2029. Pesanan baru tersebut meningkatkan pendapatan DB Armada ICE 3neo menjadi 73 kereta dan memungkinkan operator meningkatkan kapasitas jarak jauh hariannya sebanyak 32.000 kursi.

Pada Juli 2020, Siemens Mobility mendapatkan kontrak dari DB untuk pengadaan kereta berkecepatan tinggi ICE 3neo generasi baru. Dalam kontrak tersebut. DB berencana menginvestasikan €10 miliar untuk kereta api baru ini, termasuk 73 unit ICE 3neo pada tahun 2029.

Baca juga: Rail Baltica – Mimpi Negara-negara Baltik untuk Saling Terkoneksi dengan Jaringan Kereta Cepat

CEO Siemens Mobility Michael Peter berkata, “Bersama dengan Deutsche Bahn, kami mempercepat transisi transportasi dalam waktu singkat, Siemens Mobility tidak pernah mengirimkan kereta ICE baru secepat ini.

Bulan lalu, DB memilih Siemens Mobility dan Alstom Transport Jerman untuk pengembangan konsep kendaraan untuk armada Ice Rail yang baru.

RELATED ARTICLES
- Advertisment -

Yang Terbaru