Di Paspor ‘Tertulis’ 123 Tahun, Kakek ini Terlihat Seperti 90 Tahun Karena Rajin Yoga

Seorang manusia dengan usia lebih dari 100 tahun sangat jarang ditemukan dan baru-baru ini petugas Bandara Abu Dhabi dikejutkan oleh hal itu. Pasalnya dalam paspor Swami Sivananda tertulis dirinya dilahirkan di Behala, India pada 8 Agustus 1896 atau 123 tahun yang lalu.

Baca juga: Dianggap Lumrah, Burung Elang Masuk di Kabin Pesawat Maskapai Timur Tengah

Karena hal ini, foto paspor dan Swami viral di media sosial dan menjadi perbincangan warganet. Banyak yang kagum dengan usia kakek itu dan berkomentar bahwa wajahnya terlihat berusia antara 85-90 tahun.

Seorang warganet, Abu Jihad berkomentar usia Swami hampir dua kali lipat usia Liga Arab yang didirikan tahun 1945 silam. Adanya ini pun banyak warganet yang skeptis dengan klaim paspor tersebut dan mengutip kurangnya dokumentasi yang tepat sebagai alasan usia lanjut pria asal India itu.

“Usia ini sering tidak benar karena kurangnya dokumen identitas dan data yang tersedia di masa lalu. Sementara tanggal kelahiran mungkin akurat untuk beberapa orang dan ada orang tua yang tidak dapat mengingat semua tanggal ketika anak-anak mereka dilahirkan,” ujar warganet Bint Bilaad Al Harmain.

Dilansir KabarPenumpang.com dari gulfnews.com (7/10/2019), penemuan ini meski viral tetapi Direktorat Jenderal Urusan Reidensi dan Asing (GDRFA/ General Directorate of Residency and Foreigners Affairs) di Bandara Internasional Abu Dhabi tidak menanggapinya. Sedangkan Etihad, maskapai yang ditumpangi Swami dari Kolkata menuju London tersebut dan singgah di Dubai itu mengatakan, tidak ada batasan usia untuk perjalanan udara karena mereka selalu menerbangkan orang-orang dari segala usia.

“Selama Anda cocok untuk terbang, sebenarnya tidak ada batasan usia untuk perjalanan udara. Etihad menerbangkan orang-orang dari segala usia setiap hari, dari bayi bungsu ke centenarian, dan kami berkomitmen untuk memastikan bahwa semua tamu kami dijaga dengan baik,” kata Etihad melalui sebuah pernyataan.

Viralnya foto paspor milik Swami yang terlihat tampak lebih muda dari usia aslinya, dia mengaku rajin melakukan gerakan yoga, disiplin dan hidup selibat.

“Saya menjalani kehidupan yang sederhana dan disiplin. Saya makan sangat sederhana hanya makanan rebus tanpa minyak atau rempah-rempah, nasi dan daal rebus (rebusan lentil) dengan beberapa cabai hijau,” kata Swami.

Baca juga: Etihad dan Emirates, Jadi Maskapai Paling Ramah Bagi Keluarga

Sejauh ini orang tertua yang pernah ada adalah Jeanne Louise Calment dari Perancis, yang mencapai usia 122 tahun dan 164 hari. Orang tertua yang saat ini masih hidup dan diakui oleh Guinness Book of World Records adalah Kane Tanaka dari Jepang, berusia 116 tahun dan 278 hari.

Maria Okta

Share
Published by
Maria Okta

Recent Posts

Yoke Boeing Vs Side Stick Airbus, Mana Sistem Kemudi yang Lebih Unggul?

Kompetisi Airbus dan Boeing bukan hanya terletak pada persentase penjualan semata, melainkan juga pada teknologi…

18 mins ago

Kursi Roda Otomatis di Bandara Haneda Bantu Terapkan Jarak Sosial

Berbagai macam cara untuk menjaga jarak sosial dilakukan oleh semua moda transportasi baik darat, laut…

2 days ago

Ada “Alis” di Kokpit Boeing 737? Ini Penjelasannya

Industri penerbangan terus bergerak maju dari tahun ke tahun akibat pesatnya perkembangan teknologi. Bahkan, perkembangan…

2 days ago

Shinkansen N700S Mulai Melayani Penumpang dengan Fitur Terbaru

Central Japan Railway Company (JR Central) pada Rabu (1/7/2020) mulai mengoperasikan kereta Shinkansen N700S di…

3 days ago

Antonov An-124 Terbangkan Kereta Cepat Maglev Sejauh 7.500 km

Bagi sebagian orang, kereta terbang umumnya sukar dilakukan. Namun, Antonov An-124 membuktikan bahwa hal tersebut…

3 days ago

Pertama di AS, Pilot Pengidap Diabetes Terbangkan Pesawat Komersial

Penerbangan bersejarah belum lama ini terukir di Amerika Serikat (AS). Kepastian itu didapat setelah pesawat…

3 days ago