Dulunya Stasiun Kini Jadi Restoran Ramen

0
Stasiun Yamubetsu yang berubah menjadi restoran ramen Ekibasha (TripAdvisor)

Bekas kompartemen pesawat, bus dan gerbong kereta sudah ada yang disulap sebagai restoran, lantas apa lagi yang terkait moda transportasi dan ‘layak’ dialihfungsikan sebagai restoran? Setelah di Yogyakarta ada bekas stasiun yang diubah menjadi warung makan, kini dari Negeri Sakura ada bekas stasiun yang disulap sebagai restoran ramen.

Baca juga: Tak Lagi Beroperasi, Stasiun Lama di Yogya Berubah Jadi Bengkel Hingga Warung Makan

Restoran dari bekas stasiun ini berada di sekitar pantai Okhotsk, Jepang. Resminya restoran ini bernama ramen Ekibasha dengan menu-menu istimewanya. Restoran Ekibasha menggunakan kantor operasional stasiun Yamubetsu yang sudah tidak digunakan lagi di kota Koshimizucho, Hokkaido.

Bagian dalam restoran Ekibasha (TripAdvisor)

Memang stasiun tersebut sudah tak terpakai, tetapi kereta api tujuan Abashiri dan Kushiro masih melewati restoran ramen ini. Bekas stasiun tapi tak juga mengikuti aturan masuk stasiun yang harus melalui pintu otomatis ataupun pengecekan tanda pengenal.

Di restoran ramen Ekibasha, pengunjung bebas keluar masuk. Kursi restoran masih menggunakan bekas kursi kereta. Restoran ini benar-benar tak tampa seperti restoran jika dilihat dari luar, sebab masih ada loket penjualan tiket tak hanya itu tulisan semoga selamat sampai tujuan di bagian kaca loket memberikan kesan nostalgia bagi penduduk Jepang.

Restoran bekas stasiun Yamubetsu tersebut memiliki menu andalan yakni Two Ramen dengan harga 950 Yen. Selain itu juga menyajikan pemandangan yang tak kalah menarik yakni langsung menghadap ke peron kereta api.

Jalur kereta dekar restoran Ekibasha

Terkadang juga saat kereta lewat, pengunjung restoran bisa melihat secara langsung seakan sedang makan disebuah stasiun yang memiliki restoran sembari menunggu kereta mereka datang. Memang tak besar, restoran yang dulunya stasiun ini hanya mampu menampung 25 orang pengunjung sekali makan dan buka setiap jam 11.00 siang sampai 19.30 malam.

Baca juga: Jepang Tawarkan Paket Wisata dengan Kereta Mewah Yang Ramah Dompet

Meski berada di tempat yang cukup jauh, karena sedang populer di Jepang, masyarakat dari kota lain tetap antusias mencoba makan di restoran Ekibasha. Bukan hanya menikmati makanannya yang lezat melainkan juga menikmati dan merasakan suasana stasiun pada masa keemasannya.

Leave a Reply