Empat Rute TransJakarta Mulai Dioperasikan Kembali Setelah Dihentikan Karena Pandemi

0
Foto: Istimewa

Mulai pulihnya kegiatan masyarakat di PPKM Level 2, memperbolehkan angkutan umum kembali menerapkan kapasitas angkut 100 persen. Hal ini pun kemudian dilakukan PT Transportasi Jakarta (TransJakarta) yang akan kembali mengoperasikan empat rutenya yang sempat dihentikan sementara selama masa pandemi Covid-19.

Baca juga: PPKM Level 2, TransJakarta Mulai Berlakukan Kapasitas Angkut Penumpang 100 persen

Keempat rute tersebut yakni PGC – Grogol (9A), Pinang Ranti – Bundaran Senayan (9C), Kampung Rambutan – Harmoni via Cempaka Putih dan Rawa Buaya – Pulogadung (2A). Sebelumnya, empat rute ini sempat dihentikan sementara untuk mengurangi penyebaran Covid-19.

Prasetia Budi, direktur operasional PT TransJakarta mengatakan, keempat rute tersebut mulai beroperasi kembali pada hari ini, Jumat (22/20/2021). Rute ini mulai melayani penumpang setiap hari pukul 05.00 – 10.00 wib dan sore hari pukul 15.00-21.00 WIB.

Meski mulai beroperasi 100 persen, PT TransJakarta tetap diwajibkan penumpang untuk menaati protokol kesehatan. Selain itu setiap penumpang juga wajib menunjukkan bukti telah melakukan vaksinasi Covid-19 kepada petugas baik melalui aplikasi PeduliLindungi, JAKI atau menggunakan dokumen sertifikat yang sudah dicetak atau secara digital melalui ponsel masing-masing sebelum memasuki gate halte.

Penumpang juga dihimbau tetap memakai masker, melakukan pengukuran suhu tubuh dan dilengkapi dengan ketersediaan hand sanitizer guna memastikan kebersihan tangan selama berada di area Transjakarta. Selain itu juga, tanda jarak aman atau marka di dalam bus maupun halte juga akan dicopot secara bertahap.

Baca juga: KAI, KCI dan TransJakarta Intens Bahas Transportasi Menuju Jakarta Internasional Stadium dengan JakPro

Semua armada bus juga dipastikan telah dibersihkan secara berkala menggunakan cairan disinfektan. Di luar itu, Transjakarta tetap menghimbau masyarakat untuk tetap di rumah apabila tidak ada keperluan mendesak.