EV4 – Kendaraan Off-Road untuk Penyandang Disabilitas

(New Atlas)

Menjadi penyandang disabilitas tidaklah mudah, sebab kerap kali menjadi bahan perbincangan dan orang-orang merasa dipersulit dengan kehadiran mereka. Bahkan mungkin bagi penyandang disabilitas memiliki hobi yang menantang seperti mendaki gunung dan off road akan sangat disepelekan.

Baca juga: Bepergian Sendiri, Penyandang Disabilitas ini Dilarang Mengudara oleh Hong Kong Airlines!

Padahal beberapa penyandang disabilitas sudah ada yang mampu menaklukkan beberapa gunung tinggi di dunia. Namun bagaimana bila penyandang disabilitas ternyata pecinta dan hobi dengan off road? Kini tak perlu lagi khawatir, pasalnya sudah ada sebuah kendaraan roda empat yang bisa digunakan para penyandang disabilitas untuk menikmati hobi mereka tersebut.

KabarPenumpang.com melansir laman newatlas.com (8/3/2019), EV4 Mountain Cart adalah kendaraan roda empat yang bisa digunakan penyandang disabilitas saat menyusuri trek tanah, mendaki bukit berumput dan melalui jalan setapak dihutan. Skopinski telah mempertahankan estetika industri untuk rangka aluminium kelas penerbangan dengan swingarm baja yang dilas dan skema warna yang memutar kepala, sehingga anggota baru keluarga EV4 tidak akan terlihat terlalu tidak cocok dalam parade identitas.

Mountain Cart memiliki dua motor hub belakang 1.000 W BLDC yang dikontrol oleh throttle listrik di stang. Kecepatan tertinggi dilaporkan 40 km perjam (25 mph), dan ada baterai 36 V / 23 Ah di bawah rak depan yang menawarkan rentang per 3-4 jam pengisian 50-80 km (30-50 mi).

Masing-masing dari empat roda 20 inci yang dibungkus 20×2.125 ban Kenda memiliki rem cakram hidrolik, dan 160 x 138 x 90 cm (63 x 54 x 35 in). EV4 Mountain Cart memiliki empat guncangan sepeda yang membantu menghaluskan gundukan. Layar LCD memungkinkan pengguna mengawasi sisa waktu dan melacak info perjalanan.

Kursi dengan sabuk pengaman dapat disesuaikan untuk pengendara berukuran berbeda, dan kendaraan dapat mengakomodasi pengendara maksimum dan berat kargo 130 kg (286,6 lb). EV4 Mountain Cart bukan jalan yang legal, jadi Anda harus menemukan jejak petualangan yang cocok untuk dibawa berputar. Ini tersedia sekarang, harga mulai dari US$5.285 atau senilai Rp75,4 juta.

Baca juga: Mudahkan Penyandang Disabilitas, Tahun 2025 Semua Bus di Seoul Adopsi Low Deck

Kendaraan off road khusus penyandang disabilitas tersebut dibuat oleh perancang asal Polandia dengan menciptakan pelacak jejak listrik off road yang tidak menggunakan mekanisme memiringkan. EV4 sendiri bisa mengangkut kursi roda yang dipasangkan di sisi kirinya sehingga memudahkan para penyandang disabilitas.