Thursday, April 18, 2024
HomeHot NewsGalangan di Cina Luncurkan Desain 'Megamax' - Kapal Kontainer Bertenaga Nuklir

Galangan di Cina Luncurkan Desain ‘Megamax’ – Kapal Kontainer Bertenaga Nuklir

Selain kapal induk yang bertenaga nuklir, rupanya kapal kontainer dengan tonase raksasa juga tengan diincar untuk ditenagai menggunakan reaktor nuklir. Seperti belum lama ini, Cina meluncurkan desain kapal kontainer bertenaga nuklir, Megamax.

Baca juga: Inilah MSC Tessa, Kapal Kontainer Terbesar, Punya Luas Dek Seukuran Empat Lapangan Sepak Bola

Desain Megamax menjadi berita utama pada pameran Marintec China tahun ini di Shanghai. Desain Megamax dibuat oleh Jiangnan Shipyard milik pemerintah, disebut baha Megamax adalah kapal kontainer dengan kekuatan 24.000 teu yang menggabungkan teknologi reaktor garam cair.

“Kapal kontainer nuklir ultra-besar dirancang untuk benar-benar mencapai nol emisi selama siklus operasi kapal,” ujar induk galangan kapal tersebut China State Shipbuilding Corporation (CSSC), mencatat dalam sebuah postingan di media sosial.

Sebuah survei baru-baru ini yang dilakukan oleh Kamar Pelayaran Internasional menunjukkan 9 persen dari anggota C-suitenya mengharapkan adanya kapal nuklir dalam satu dekade.

Baca juga: Airbus Perbarui Armada Kapal ‘Sewaan’ Pengangkut Komponen Pesawat dengan Teknologi Rendah Emisi

Marintec China, pameran pelayaran terbesar di Asia, kembali menempati delapan aula di Shanghai New International Expo Center setelah empat tahun absen akibat pandemi. Ruang pameran digunakan sebagai pusat karantina darurat dengan lebih dari 15,000 tempat tidur pada puncak krisis Covid-19 di Shanghai.

RELATED ARTICLES
- Advertisment -

Yang Terbaru