Great Northern Railway Terkubur Longsoran Salju, Sebanyak 97 Orang Tewas

0
Great Northern Railway terkubur longsoran salju (wikipedia)

111 tahun lalu, sebanyak 97 orang tewas akibat longsor salju yang parah dan mengubur Great Northern Railway di tenggara King County, Washington. Longsor Wellington ini terjadi pada 1 Maret 1910 tersebut menjadi yang terburuk dalam sejarah kereta di Amerika Serikat.

Baca juga: Korban Tewas 23 Orang, 35 Tahun Lalu Terjadi Kecelakaan Kereta Terburuk di Kanada

KabarPenumpang.com merangkum berbagai laman sumber, insiden longsor salju ini dimulai selama sembilan hari di penghujung Februari 1910. Di mana saat itu kawasan Wellingtong mengalami badai salju yang hebat dengan kedalaman sekitar 30 cm salju turun setiap jamnya.

Namun pada hari terburuknya salju menutup hingga 340 cm dan saat itu ada dua kereta yang mana satu kereta penumpang dan satu kereta barang yang terperangkan di Depo Wellingtong saat akan pergi dari Spokane menuju ke Seattle. Karena salju yang lebat maka, pembajak salju dikirim untuk membantu tetapi tidak juga bisa menembus timbunan tersebut apalagi longsoran salju berulang kali terjadi di sepanjang jalur antara Scenic dan Leavenworth.

Pada 28 Februari, salju berhenti dan digantikan oleh hujan dan angin. Namun tepat pukul 01.00 pagi waktu setempat, pada 1 Maret, petir menyambar dan mengenai sebongkah salju sehingga terlepas dari sisi Gunung Windy.

Tumpukan salju setinggi 304 cm jatuh ke arah kota, yang untungnya meleset dari Bailets Hotel. Tetapi salju kemudian menghantam depo kereta. Saat itu sebagian besar penumpang dan awak tengah tidur di dalam kereta.

Karena longsoran salju, membuat kereta api menuruni bukit sejauh 45 meter dan masuk ke lembang Sungai Tye. Dalam insiden tersebut 96 orang tewas diantaranya 35 penumpang, 58 karyawan Great Northern Railway dan tiga karyawan kereta di depo.

Dalam insiden ini sebanyak 23 orang selamat karena ditarik dari reruntuhan oleh pegawai kereta yang bergegas membatu. Sayangnya karena kondisi cuaca menjadi buruk, setelah 21 minggu kemudian atau tepatnya akhir Juli, korban meninggal terakhir ditemukan.

Longsor ini kemudian membuat Depo Wellingtong diam-diam berganti nama menjadi “Tye” selama bulan Oktober karena asosiasi yang tidak menyenangkan dari nama lama tersebut. Pada bulan yang sama, Great Northern Railway mulai membangun gudang salju beton untuk melindungi rel di dekatnya.

Baca juga: Akibat Petugas Sinyal Tak Sabar, 189 Nyawa Melayang Pada Kecelakaan Kereta 81 Tahun Lalu di Jalur Sakurajima

Depo ditutup ketika Terowongan Kaskade kedua selesai pada tahun 1929, kota itu kemudian ditinggalkan dan akhirnya dibakar. Jalur tua dan gudang salju tetap ada dan telah dilestarikan sebagai bagian dari Iron Goat Trail, yang dapat diakses dengan mudah dari US Highway 2 dekat Stevens Pass atau dekat Scenic, sebelah timur Everett.

Leave a Reply