Harap Waspada Jika Anda Mendengar Frasa ‘Easy Victor’ dari Awak Kabin

Sumber: news.com.au

Sebagai seorang penumpang, apa ketakutan terbesar kedua Anda setelah mengalami kecelakaan? Apakah ketinggian? Atau takut bertemu dengan penumpang yang menyebalkan dan pada akhirnya membuat perjalanan Anda tidak menyenangkan? Jika itu jawabannya, mungkin sekarang saatnya bagi Anda untuk mengetahui momok menakutkan di sektor kedirgantaraan global yang lazimnya diucapkan antar kru kabin, yaitu “Easy Victor”.

Baca Juga: Yuk, Cari Tahu Makna Tersembunyi di Balik Nomor Penerbangan

Selayaknya di dunia kemiliteran, sektor aviasi juga memiliki kode-kode khusus yang tidak sepenuhnya diketahui oleh penumpang awam – sama halnya seperti “Easy Victor”. Sebagaimana yang dilansir KabarPenumpang.com dari laman businessinsider.co.az (23/2/2019), frasa “Easy Victor” sendiri memiliki arti evakuasi. Wah, kendati arti dari frasa tersebut mengandung makna yang siap memacu detak jantung Anda lebih kuat, namun bukan berarti Anda harus panik ya! Tetap ikuti arahan dari awak kabin karena sejatinya mereka sudah terlatih untuk mendampingi penumpang walaupun di kondisi darurat sekalipun.

Tidak hanya frasa “Easy Victor” saja yang menjadi bagian dari kode-kode khusus di dunia penerbangan. Bagi Anda yang sering mendengarkan pengumuman yang dilontarkan kapten penerbangan dari ruang kokpit, mungkin Anda pernah mendengar frasa “all-call”. Ya, frasa ini memiliki arti sang pilot meminta kepada semua semua awak kabin untuk melapor ke ruang kokpit.

Lalu ada kode “Ditch”, yang jika diterjemahkan itu artinya “selokan atau parit”. Kode ini juga cukup mengerikan ketika di dengar karena memiliki arti pendaratan darurat di air, entah itu danau atau laut. Ada juga “Deadstick”, dimana kode ini berarti pesawat terbang tanpa bantuan dari tenaga mesin.

Tapi tenang saja, khusus untuk kode yang mengandung makna tidak mengenakkan terhadap penumpang, awak kabin tidak akan menyuarakan kode-kode ini di hadapan para penumpang.

“Sebagai penumpang, Anda tidak akan pernah mendengarkan pilot mengumumkan kode ini begitu saja,” ujar salah satu mantan awak kabin, Kevin Barrett.

“Semisal penumpang harus mendengar frasa ‘Easy Victor’ semacam ini, maka mereka akan mendengarnya jauh setelah sang pilot mengumumkan bahwa ada masalah di penerbangan tersebut,” tandas Kevin.

Baca Juga: Rahasia di Bandara yang Tak Semua Diketahui Penumpang

Kevin juga menambahkan, selama 20 tahun masa pengabdiannya sebagai awak kabin di maskapai yang tidak disebutkan, Kevin hanya pernah mendengar frasa seperti “Easy Victor” selama masa latihan evakuasi saja.

“Dengan fakta ini, seharusnya membuat Anda merasa lebih nyaman untuk mengudara, karena kasus evakuasi dimana pilot harus mengucapkan frasa ‘Easy Victor’ semacam ini bisa dibilang sangat langka.” tutup Kevin.