Monday, July 15, 2024
HomeHot NewsHari ini 24 Tahun Lalu, KA Taksaka Resmi Beroperasi, Kini Jadi Kereta...

Hari ini 24 Tahun Lalu, KA Taksaka Resmi Beroperasi, Kini Jadi Kereta “Hype Trip” Kaum Milenial

Hari ini 24 tahun lalu yang bertepatan 19 September 1999, meluncur layanan Kereta Api (KA) eksekutif Taksaka yang melayani rute Stasiun Yogyakarta- Stasiun Gambir. Selama lebih dari dua dekade, KA Taksaka telah bertransformasi dari layanan KA eksekutif standar ke layanan kereta luxury sampai yang terakhir menyediakan layanan kereta panoramic.

Baca juga: KAI Luncurkan Entertainment on Board Gratis di KA Taksaka, Syaratnya Harus Aktifkan “Flight Mode” di Ponsel

KA Taksaka melayani relasi Yogyakarta–Gambir di lintas tengah Jawa. Kereta api ini beroperasi sebanyak dua kali perjalanan untuk menempuh jarak 512 km yang ditempuh dalam waktu sekitar 6 jam 21 menit.

Pada awalnya, KA Taksaka pernah beroperasi menggunakan bekas rangkaian kereta api Argo Lawu karena ia saat itu beroperasi menggunakan rangkaian eksekutif dengan bogie K9 – bekas rangkaian kereta api Argo Muria. Selain itu, kereta api Taksaka terkadang beroperasi menggunakan rangkaian kereta eksekutif buatan tahun 1998 – bekas rangkaian kereta api Argo Dwipangga.

Pada saat kereta api Argo Lawu dan Argo Dwipangga beroperasi menggunakan rangkaian kereta buatan tahun 2016, beberapa perjalanan pada Taksaka beroperasi menggunakan bekas rangkaian kereta Argo Lawu keluaran 2008 dan kereta kaca pesawat eks Argo Dwipangga buatan tahun 1984 dan 1986.

Saat ini, kereta api Taksaka beroperasi menggunakan rangkaian kereta baja nirkarat. Sejak 2018, kereta api ini (untuk perjalanan reguler) beroperasi menggunakan rangkaian eksekutif berbahan baja nirkarat buatan PT INKA keluaran kedua dan ketiga tahun 2018.

Pada 23 September 2022, Kereta api Taksaka mengalami penyegaran dengan menampilkan tema spesial bertajuk “Hype Trip” yang ditandai dengan tampilan eksterior kereta yang lebih cerah dan pelayanan dalam kereta yang disesuaikan dengan selera kaum millenial, seperti variasi menu makanan yang disesuaikan dengan selera kaum millenial, penyegaran pada seragam kru yang berdinas, dan ditambahkannya fasilitas permainan dalam kereta.

Hal tersebut dikarenakan banyaknya pelanggan kereta api Taksaka yang berasal dari Generasi Y dan Z dan peran kereta ini yang menjadi moda transportasi favorit bagi para pelajar yang ingin menempuh studi di Yogyakarta atau berwisata di wilayah Yogyakarta.

Baca juga: KAI Services Luncurkan Produk Minuman Coklat Jahe, Tersedia di Kereta Ini

Nama Taksaka berasal dari sosok seekor naga menurut cerita Mahabharata yang baik dan pengayom. Mitologi Hindu meyakini bahwa naga tersebut adalah putra dari Dewi Kadru dan Kashyapa yang tinggal di Nagaloka bersama saudara-saudara lainnya, yaitu Basuki, Antaboga, dan lain-lain.

RELATED ARTICLES
- Advertisment -

Yang Terbaru