India Mulai Komersialkan Lokomotif Listrik Terkuat dengan Tenaga 12.000 HP

0
Lokomotif listrik berkekuatan tinggi di India (newindianexpress.com)

India mulai membuat proyek pembuatan lokomotif paling kuatnya pada tahun 2018 lalu dan prototipe pertamanya diluncurkan bulan Maret di tahun yang sama. Setelah cukup lama menunggu, akhirnya pergerakan komersial lokomotif listrik dengan kekuatan 12.000 hp (horse power) atau yang menjadi paling kuat di India akhirnya diluncurkan pada 18 Mei 2020 di Stasiun Pt Deen Dayal Upadhyaya Junction di bawah East Central Railway (ECR).

Baca juga: Indian Railway Mulai Uji Lokomotif Bertenaga Baterai Lithium Ion untuk Shunting

Lokomotif listrik ini dibuat di Madhepura yang berbasis di Bihar. Dengan operasional lokomotif yang kuat ini, India kini telah menjadi negara keenam di dunia yang bergabung dengan klub elit negara-negara penghasil lokomotif berkekuatan tinggi. Dilansir KabarPenumpang.com dari laman newindianexpress.com (20/5/2020), dari pernyataan resmi yang dikeluarkan oleh ECR, lokomotif tersebut dinamai WAG12 dengan nomor 60027.

Lokomotif ini mulai menarik barang dengan komposisi 118 gerbong dari Pt Deendayal Upadhyaya ke persimpangan Bardhawan di Bengal Barat melalui Dehari di rute kereta sone.

“Ini adalah untuk pertama kalinya di dunia bahwa lokomotif listrik bertenaga besar telah dioperasionalkan di jalur kereta api yang cukup panjang. Lokomotif ini diproduksu di Pabrik Lokomotif Madhepura, yang tersebar di 250 hektar tanah di Bihar dengan kapasitas produksi 120 unit lokomotif per tahun,” kata kepala juru bicara ECR, Rajesh Kumar yang rincian pernyataan kereta api.

Pabrik lokomotif Madhepura sendiri dibangun dengan teknologi terbaru untuk menjadikannya game-changer di masa depan dan dalam kelancaran kereta barang. Lokomotif telah dilengkapi dengan sistem komunikasi frekuensi tinggi dan GPS untuk mendapatkan lokasi dari menit ke menit.

Merinci tentang fitur teknis yang menonjol dari pabrik, Kumar mengatakan bahwa Pabrik Lokomotif Madhepura memiliki semua kapasitas produksi 800 lokomotif listrik 12.000 HP dalam 11 tahun ke depan.

Kumar menjelaskan bahwa sekitar 10 ribu tenaga kerja (langsung dan tidak langsung) akan terlibat dalam proyek lokomotif ini. Tak hanya itu, sebuah pusat keterampilan di bawah inisiatif Corporate Social Responsibility juga sedang didirikan di Madhepura untuk memberikan pelatihan teknis kepada penduduk setempat.

Baca juga: Lokomotif Diesel GE WDFG-6G Menjadi yang Terkuat di Jaringan Kereta Api India

Proyek pembuatan lokomotif paling kuat dimulai pada 2018 dan lokomotif prototipe pertama diluncurkan pada Maret 2018. Ini adalah lokomotif pertama yang dibuat untuk Kereta Api India di bawah program “Make in India.”

Leave a Reply