Ini Dia! 8 Jalan Raya Terpanjang di Dunia

www.worldatlas.com

Jalan raya menjadi satu dari jalan penting dan menjadi jalan utama untuk berkendara di satu wilayah. Tak hanya itu, jalan raya juga bisa menjadi penghubung antar dua tempat di dunia. Dilansir KabarPenumpang.com dari worldatlas.com (18/4/2017), biasanya jalan raya diberikan nama dan nomor oleh pemerintah yang mengembangkan jalan tersebut. Di Australia ada jalan raya nasional terpanjang yang membentang sepanjang 9000 mil dan diberi nama Jalan raya 1.

Baca juga: Bangkitnya Jalur Sutra Modern Dari Cina ke Daratan Eropa

Selain itu masih ada Cina kemudian di ikuti Amerika Serikat yang memiliki jalan raya terpanjang. Pan America Highway merupakan jalan raya terpanjang di dunia yang melalui 14 negara di Amerika mulai dari Amerika Utara hingga Amerika Selatan. Berikut ini delapan jalan raya terpanjang yang dirangkum oleh KabarPenumpang.com.

1. Pan America Highway
Jalan raya ini merupakan jalan raya terpanjang di dunia dan melewati beberapa jalur jalan yang berawal di Teluk Prudhoe, Alaska dan membentang sampai Ushuaia di Argentina dengan jarak 30 ribu mil (48.280 km). Jalan raya Pan Amerika ini masuk dalam The Guinness World Reords karena melintasi 14 negara dari Utara, Tengah dan Amerika Selatan serta menghubungkan ke negara lainnya. Jalan ini melalui semua zona iklim utama yakni hutan tropis, padang pasir gersang, hutan boreal, padang rumput, tundra Arktik, pegunungan dan lanskap yang bervariasi. Jalan ini juga memiliki jalur yang sulit yakni di Kosta Rika, dengan ketinggian 10.942 kaki pada satu titik yang dinamai the Summit of death atau Cerro de la Muerte dalam bahasa Spanyol.

www.worldatlas.com

2. Highway 1, Australia
Jalan raya 1 yang ada di Australia ini merupakan jalur jalan raya yang berada di sekitar negara tersebut dan melalui semua ibu kota negara bagian yang ada di daratan Australia. Jalan ini memiliki panjang hingga 9.000 mil (14.484 km) dan masuk menjadi salah satu jalan raya terpanjang di dunia. Diketahui, dalam sehari, ada lebih dari satu juta orang melalui jalan tersebut. Jalan ini dibangun tahun 1955 setelah kompalasi jalur dan jalan lokal yang sudah ada. Jalan ini menjadi satu-satunya rute untuk menghubungkan semua wilayah dan negara di australia kecuali wilayah ibu kota Australia.

www.worldatlas.com

3. Trans Siberia Rusia
Jalan yang berada di jaringan jalan raya federal ini membentang di seluruh negeri. Dari sisi Timur mulai di St Petersburg sampai Vladivostok yang menempuh jarak sepanjang 6.800 mil (10.943 km). Pada bagian jalan St Petersburk ke Irkutsk sudah ada jauh sebelum kereta api dan catatan tertulis paling awal di jalan pada tahun 1876. Jalan ini sebagian besarnya dibangun oleh narapidana dari penjara Gulag dan bervariasi. Luas sisi timur Trans Siberia ini beraspal dengan beik ke sisi barat yang bisa berubah menjadi tidak bisa dilalui selama musm panas yang lembab.

Baca juga: Tempuh 12.000 Km, Jalur Sutera Kuno Dibuka Kembali dari Inggris Menuju Tiongkok

4. Trans Canada Highway, Kanada
Jalan raya yang satu ini adalah sistem jalan lintas benua yang dikelola oleh pemeritah federal dan provinsi serta membentang dari pantai barat Samudera Pasifik hingga melewati sepuluh provinsi Kanada ke pantai timur di Samudera Atlantik. Panjang jalan raya ini 4.999 mil (8.045 km), persetujuan pembangunan jalan ini tahun 1949 dan mulai dikerjakan tahun 1950. Tahun 1962, Trans Canada Highway ini selesian 1971. Pada tahun 2012, dibangun stasiun pengisian bahan bakar di sepanjang jalan raya ini oleh perusahaan Country Highway untuk memungkinkan pemilik kendaraan bisa melintasi seluruh jalur tersebut.

www.worldatlas.com

5. National Highay G010, Cina.
Jalan raya yang ada di Cina ini membentang dari Tojian di provinsi Heilongjiang dan melewati provinsi Jilin, Jiangsu, Liaoning, Shanghai Shandong, Fujian dan Guangdong dengan jarak tempuh 3.500 mil (5.632 km) dan berakhir di Sanyam, Hainan. Hingga kini, jalur ini menjadi salah satu jalan terpanjang di Cina.

Baca juga: Bus Bandara Kini Lewati Jalur Mall dan Hotel Jabodetabek

6. Rute 20, Amerika Serikat
Rute AS 20 adalah jalan raya Amerika Serikat yang berjalan dari timur ke barat. “0” dalam jumlah rute menunjukkan bahwa itu adalah rute pantai-ke-pantai. Route Route AS sepanjang 5.415 km merupakan jalan terpanjang di negara ini dan kira-kira sejajar dengan Inti 90.

www.worldatlas.com

7. Jalan Raya Nasional 44 – India
National Highway 44 adalah jalan raya paling utara ke utara-selatan di India sepanjang 3.745 km. Jalan raya dimulai di Srinagar di utara dan berakhir di Kanyakumari di selatan India.

Baca juga: Atasi Lonjakan Penumpang Kereta di Musim Libur, India Siapkan Skema Vikalp

8. BR-153 – Brasil
BR-153 adalah jalan raya federal federal dan secara formal disebut Transbrasiliana Highway sepanjang 3.595 km. Jalan raya melintasi Brazil utara ke selatan yang dimulai di São Domingos do Araguaia, Pará, dan berakhir di Rio Grande do Sul.