Ini Dia Lima Hanggar Terbesar di Dunia, Hampir Semuanya Ada di Amerika Serikat

Ilustrasi Hanggar. Sumber Australia's Guide

Sebagai salah satu komponen pendukung pengoperasian dunia aviasi global, hanggar menjadi satu titik vital dimana perawatan hingga produksi aircraft berlangsung di sini. Berfungsi bak sebuah garasi mobil, hanggar pun tak ayal menjadi tempat parkir sejumlah pesawat penting, seperti pesawat kepresidenan.

Baca juga: Perdana Keluar dari Hanggar, Pesawat Terbesar di Dunia Lakukan Uji Coba Mesin

Nah, mungkin beberapa dari Anda bertanya-tanya, dimana ya hanggar terbesar di dunia? Berikut KabarPenumpang.com himpun lima hanggar terbesar yang ada di dunia versi laman alaskastructures.com. Patut diketahui, kelima hanggar ini tidak dikelompokkan berdasarkan fungsi utamanya (maintenance atau produksi).

Lockheed Air Terminal Hangar, California

Sumber: youtube

Berdiri di atas lahan seluas 15.175 meter persegi, hanggar ini telah mulai beroperasi ketika Perang Dunia II berkecamuk (1940 – 1967). Alih-alih diabadikan karena sarat akan nilai sejarah, hanggar yang terletak di bandara yang sudah berkali ganti nama ini bak hilang ditelan bumi dan berganti menjadi Hollywood Burbank Airport. Kala itu, hanggar ini berfungsi untuk menyimpan pesawat dan sejumlah peralatan perang.

Hangar B, Oregon

Sumber: Travelers Roundtable

Masih dari Negeri Paman Sam, posisi keempat hanggar terbesar di dunia ditempati oleh Hangar B yang terletak di Oregon. Menduduki lahan seluas 29.450 meter persegi, kini hanggar yang dibangun Angkatan Laut Amerika Serikat pada tahun 1942 ini sudah beralih fungsi menjadi Tillamook Air Museum. Selain memegang predikat sebagai salah satu hanggar terbesar di dunia, Hangar B juga menyandang gelar bangunan dengan struktur kayu baji terbesar di dunia.

Hangar One, San Francisco Bay

Sumber: Woodworking Network

Mulai beroperasi pada 1933, hanggar ini terletak di daerah California. Berada di atas lahan seluas 8 hektar, luas hanggar ini sendiri mencapai 32.419 meter persegi dan ditujukan untuk menjadi ‘garasi’ dari kapal induk USS Macon yang terkenal. Kendati pada 8 Desember 1965 Hangar One dinominasikan menjadi lokasi bersejarah dari Angkatan Laut Amerika Serikat, kini bangunan tersebut tengah disewa dan dipulihkan oleh Google – dimana pada Mei 2016, mereka mengumumkan siap untuk menghilangkan bahan kimia beracum dari tubuh Hangar One.

Hangar 375, Texas

Sumber: Flickr

Dilansir dari laman guinessworldrecords.com, Hangar 375 atau yang akrab disebut Big Texas yang berada di Pangkalan Angkatan Udara Kelly, San Antonio, Texas, AS ini rampung pada 15 Februari 1956. Hanggar ini memiliki empat pintu masing-masing memiliki lebar 76m dan tinggi 18,3m. Menduduki area seluas 55.742 meter persegi, menjadikan bangunan ini sebagai hanggar free-standing aktif terbesar di dunia.

Baca Juga: Suksesor Concorde ini Tetap Dihantui Bayangan Kelam Pendahulunya

Aerium Hangar, Jerman

Sumber: Pinterest

Bisa dibilang, ini merupakan calon hanggar terbesar di dunia. Pasalnya, bangunan yang berdiri sejak pertengahan 1990-an ini awalnya ditujukan sebagai lokasi perakitan dan penyimpanan CL 160, pesawat pengangkut kargo dengan ukuran yang ekstra besar. Dilatarbelakangi satu dua hal, perakitan CL160 ini sendiri tidak pernah terjadi dan hanya menyisakan bangunan hanggar seluas 75.762 meter persegi yang kini sudah beralih fungsi menjadi Tropical Islands Resort yang sangat terkenal.