Thursday, February 22, 2024
HomeHot NewsIni Penampakan Wajah Baru Kereta Istimewa (Keris) Saat Uji Coba Lintas

Ini Penampakan Wajah Baru Kereta Istimewa (Keris) Saat Uji Coba Lintas

Beberapa hari yang lalu Kereta Istimewa yang biasanya beristirahat di Depo Lokomotif Tanah Abang kini berada di Balai Yasa Yogyakarta untuk dilakukan perawatan. Kereta Istimewa yang terdiri dari 2 unit bernomor seri SI 3 80 01 – SI 3 82 04 ini tak hanya dilakukan atau pengecekan berkala seperti biasanya, namun ternyata rangkaian ini disulap menjadi sesuatu yang berbeda. Terlihat dari eksterior rangkaian terlihat berbeda dari sebelumnya. Apalagi warna yang digunakan hampir sepenuhnya brrwarna hijau. Dan bagian lampu depan sedikit diubah lebih sipit.

Baca juga: Kedatangan Kereta Istimewa ke Bogor, Railfans: Cegat Bareng, Kuy!

Beredar juga foto saat uji coba diarea Balai Yasa Yogyakarta terlihat rangkaian belum 100 persen sempurna dibagian eksterior. Masih menggunakan tenaga diesel, Kereta Istimewa tersebut selalu diuji coba kehandalan pada mesin diesel. Jika saat dilakukan perjalanan reguler tidak mengalami kendala. Kereta Istimewa saat ini memiliki tambahan estetika pada eksterior, selain warnanya yang full hijau, terdapat tambahan tulisan Wonderful Indonesia di kiri dan kanan body kereta.

Kereta Istimewa (Keris) dilakukan uji coba lintas dinamis pada hari ini, Kamis (10/3). Seperti pada uji coba kereta api lainnya, rangkaian Keris pun menjajal perjalanan di lintas Yogyakarta – Kutoarjo pp. Alasan menggunakan rute tersebut guna mengetes kecepatan, tanjakan dan turunan.

Kecepatan yang akan diuji coba Keris adalah 60 – 80 kilometer per jam. Rangkaian diberangkatkan dari Balai Yasa Yogyakarta menuju Stasiun Lempuyangan pada pukul 13.10 WIB dan tiba di Stasiun Kutoarjo pukul 14.17 WIB. Kemudian kembali dari Kutoarjo pukul 14.30 WIB dan tiba di Lempuyangan pukul 15.31 WIB. Selama di perjalanan Keris tidak berhenti di stasiun – stasiun yang dilewati, alias berjalan langsung.

Baca juga: Dibanderol Rp19 Jutaan, KAIS RailOne Kini Jadi “KA Istimewa,” Layanan Kereta Khas Bintang Lima

Seperti diketahui bahwa Kereta Istimewa merupakan kereta ex-kereta inspeksi yang didesain ulang untuk menikmati perjalanan dengan pengalaman yang berbeda. Kereta Istimewa bisa digunakan untuk masyarakat umum yang ingin melakukan perjalanan wisata sesuai dengan waktu yang diinginkan/fleksibel. Kereta ini tidak digandengkan pada kereta api reguler. Kereta Istimewa yang dilengkapi dengan ruang utama, yaitu lounge termasuk dengan karaoke, ruang meeting dengan TV layar lebar, tempat duduk dengan leg rest yang membuat perjalanan semakin nyaman. Uniknya jika naik Kereta Istimewa penumpang bisa menikmati perjalanan sambil melihat langsung pemandangan dari ruangan masinis. (PRAS – Cinta Kereta Api)

RELATED ARTICLES
- Advertisment -

Yang Terbaru