Inilah Fakta Ryanair, Maskapai Penerbangan Berbiaya Murah yang Penuh Kontroversi

0
Sumber: Change.org

Selain United Airlines, satu maskapai lain yang kerap menuai kontroversi adalah Low Cost Carrier asal Irlandia, Ryanair. Setelah pemberitaan terakhir menyebutkanbahwa maskapai ini telah ‘menelantarkan’ awak penerbangnya di Bandara Malaga, Spanyol, namun siapa sangka bahwa awak kabin dari maskapai ini harus membayar seragam dan biaya kursus dari kocek pribadi? Nilainya pun mencapai Rp6,2 juta. Duh, ada-ada saja ya regulasi yang diberlakukan oleh maskapai yang bermarkas di Dublin ini.

Baca Juga: Ternyata, Emirates Hanya Menggunakan Dua Jenis Pesawat!

Kira-kira ada fakta nyeleneh apalagi yag yang terselip di balik nama Ryanair? Berikut KabarPenumpang.com himpun sejumlah fakta unik dari Ryanair, dirangkum dari berbagai laman sumber.

Awal Berdirinya Website Ryanair
Sedikit mundur ke tahun dimana laman website baru booming, pihak Ryanair dapat dengan cepat melihat potensi keuntungan yang dapat diraup melalui dunia maya. Alih-alih menggunakan jasa ahli di bidang desain laman website, Ryanair lebih memilih beberapa siswa dari Trinity untuk mendesain laman web awalnya.

Rute Perdana
Didirikan pada 28 November 1984, Ryanair hanya membutuhkan waktu kurang dari satu tahun untuk memulai operasi perdananya. 8 Juli 1985 menjadi tanggal dimana maskapai ini menyanggupi penerbangan komersial perdananya. Dengan menggunakan Embraer Bandeirante turboprop aircraft, melakoni operasi perdananya di rute pendek, Waterford menuju Gatwick.

Operator Boeing 737-800 Terbesar
Hampir mirip seperti Emirates yang hanya menggunakan dua jenis pesawat saja (Airbus A380 dan Boeing 777), Ryanair juga termasuk salah satu maskapai yang paling minim mengelola variasi armada. Dari 450 armada yang menggunakan livery Ryanair, 449 diantaranya merupakan Boeing 737-800, dan satu sisanya adalah Boeing 737-700.

Dikutip dari laman sumber lain, Ryanair kini tengah menantikan 135 unit armada Boeing 737 MAX 8 – jenis yang sama dengan Lion Air JT-610. Sebagai informasi tambahan, Ryanair tidak pernah menggunakan armada Airbus, lho!

Baca Juga: Ini Fakta yang Mungkin Belum Anda Ketahui dari Delta Airlines

Digandrungi Penumpang Karena Murah
Nama Ryanair muncul di urutan kedua dalam daftar maskapai Eropa yang paling banyak mengangkut penumpang terjadwal dan charter yang dirilis oleh Wikipedia. Terhitung pada bulan September 2018, Ryanair telah menerbangkan sebanyak kurang lebih 105,3 juta penumpang.

 

Leave a Reply