Monday, July 15, 2024
HomeAnalisa AngkutanInilah Splashtours, Bus Amfibi Ikonik yang Hanya Ada di Rotterdam dan Amsterdam...

Inilah Splashtours, Bus Amfibi Ikonik yang Hanya Ada di Rotterdam dan Amsterdam Belanda

Inggris boleh saja menjadi negara yang memiliki sejarah panjang dengan bus. Namun, terkait bus amfibi, itu hanya ada di Belanda, tepatnya di Rotterdam dan Amsterdam, dengan nama Splashtours. Sejak kemunculan pertamanya pada tahun 2010, bus amfibi Splashtours sangat ikonik dengan warna kuningnya dan terus memikat wisatawan domestik maupun mancanegara.

Baca juga: 10 Poin Penting Sistem Keselamatan di Bus

Dilansir laman resmi Splash Tours, ide adal pengembangan bus amfibi Splashtours bermula dari keinginan tiga pengusaha muda menghadirkan bus yang dapat membawa penumpangnya keliling kota di darat dan menikmati pemadangan kota dari atas sungai tanpa harus berganti moda.

Awalnya, pendiri Splash Tours ingin membeli bus amfibi baru bekerja sama dengan perusahaan karoseri setempat. Namun, standarnya tak sesuai ekspektasi ketiganya dan akhirnya diputuskan membangun bus amfibi sendiri di atas sasis Volvo.

Proses pembangunannya tentu saja tidak mudah. Dibutuhkan waktu sekitar tiga tahun untuk mengembangkan dan membangun bus amfibi sendiri tanpa ada portofolio sebelumnya.

Pada 13 Maret 2010, bus amfibi Splashtours berwarna kuning memulai debut membawa wisatawan berkeliling kota Rotterdam dan menyusuri sungai Maas yang ikonik untuk menikmati pemadangan gedung pencakar langit dan pemandangan kota secara keseluruhan.

Dengan cepat, bus Splashtours menjadi buah bibir di masyarakat dan menjadi salah satu tujuan wisata favorit wisatawan domestik maupun mancanegara.

Sebeum “splash” begitu masuk ke air, sopir terlebih dahulu menekan beberapa tombol untuk berganti mode dari darat ke air. Tak lama setelahnya bus melaju dengan sangat yakin ke sungai dan mengambang layaknya kapal laut.

Bus amfibi Splashtours adalah bus amfibi satu-satunya di dunia yang memiliki izin resmi untuk turun ke jalan raya sebagai bus dan menyusuri sungai sebagai kapal laut. Bus amfibi Splashtours bahkan memiliki sertifikat keselamatan dari Uni Eropa.

Bus amfibi Splashtours memiliki tinggi empat meter. Saat berada di perairan, bus digerakkan oleh mesin diesel melalui baling-baling. Seperampat badan bus yang mampu memuat 43 penumpang ini berada di dalam air dan bagian jendela tetap berada di atas air sehingga penumpang bebas berfoto ataupun menikmati pemandangan.

Setiap tahun, bus amfibi Splashtours melakukan sekitar 1.200 perjalanan, mengangkut lebih dari 40 ribu wisatawan domestik maupun mancanegara menaiki bus ini, keliling Rotterdam dan menyusuri sungai Maas.

Selama perjalanan dengan bus amfibi, penumpang dipandu menggunakan bahasa Belanda dan Inggris. Namun, operator juga menyediakan panduan audio dalam 18 bahasa seiring banyaknya wisatawan internasional yang berkunjung.

Baca juga: 10 Halte Bus Ini Punya Desain yang Tidak Biasa

Tiket untuk bisa menaiki bus amfibi satu-satunya di dunia itu bisa dibilang cukup terjangkau, tentu saja tergantung paket wisata yang diambil. Semakin singkat durasi dan itinerary-nya, semakin murah, begitu juga sebaliknya. Paket Splashtours + Euromast (ikon kota Rotterdam), misalnya, dijual seharga €45,00 untuk dewasa dan €32,50 untuk anak-anak.

Seiring pamornya yang terus meningkat, Splash Tours, mulai berekspansi ke Amsterdam pada tahun 2019. Tanpa butuh waktu lama, bus berwarna kuning itu dengan cepat menyita perhatian warga Amsterdam dan wisatawan.

RELATED ARTICLES
- Advertisment -

Yang Terbaru