Thursday, May 30, 2024
HomeAnalisa AngkutanIntip Tempat Istirahat Pramugari di Pesawat, Pantas Kerap ‘Menghilang’ dari Kabin

Intip Tempat Istirahat Pramugari di Pesawat, Pantas Kerap ‘Menghilang’ dari Kabin

Pada penerbangan jarak pendek, pramugari mungkin tidak terlalu lelah menunggu dan melayani penumpang. Namun pada penerbangan jarak jauh di atas delapan jam, kru kabin membutuhkan waktu untuk istirahat dan mereka tidak mungkin beristirahat di kabin penumpang, melainkan mempunyai ruang tersendiri yang tersembunyi dari keramaian, sekalipun letaknya persis di atas kursi penumpang.

Baca juga: Pantas Banyak ‘Skandal,’ Ternyata Pramugari Punya ‘Ruang’ Tersembunyi Bak Hotel di Pesawat

Ketika masuk ke dalam pesawat dan duduk sesuai dengan kursi yang tertera di tiket, biasanya penumpang melihat ke luar jendela. Itupun bagi yang duduk tepat di samping jendela.

Bagi mereka yang duduk di kursi tengah atau pinggir, biasanya gadget adalah andalan untuk melepas penat sambil menunggu pesawat lepas landas, atau hal lain yang paling mungkin adalah mengeset tempat duduk dan tidur. Jarang sekali penumpang melihat-lihat sekitar kabin.

Nyatanya, bila mereka melakukan itu (melihat-lihat sekitar kabin), mungkin sesuatu yang aneh akan didapatkan.

Di balik struktur pesawat, yang pada umumnya penumpang hanya mengetahui adanya ruang kargo dan kabin, nyatanya terdapat ruang khusus, ruang rahasia, atau kamar rahasia untuk kru kabin beristirahat dan ruang khusus tersebut bisa saja diketahui dengan melihat indikasi adanya kompartemen penumpang yang tak memiliki handle atau tak bisa dibuka dari luar.

Usut punya usut, rupanya kompatemen penumpang tanpa pegangan atau tak bisa dibuka dari luar tersebut adalah jalan keluar darurat awak kabin untuk keluar lebih cepat. Itulah sebabnya mengapa kompartemen tersebut tak dapat dibuka dari luar.

Sebab, bila terbuka, penumpang memang dapat sedikit mengintip ruang tersembunyi awak kabin tersebut. Sebaliknya, bila keadaan darurat memaksa awak kabin keluar lewat emergency hatch tersebut dengan sembrono atau tak hati-hati, bisa saja penumpang kejatuhan mereka.

Hanya saja, posisi emergency hatch awak kabin, yang dapat terlihat dari tidak adanya pegangan atau handle kompartemen penumpang agar bisa dibuka dari luar, cenderung berbeda-beda.

Ada yang di atas penumpang, ada yang sebaliknya, di bawah penumpang, di bagian lantai kabin, hingga di bagian depan kanan kabin.

Tergantung pada jenis pesawatnya. Airbus A380, misalnya, justru terletak di bawah kabin mengingat pesawat tersebut memiliki dua lantai. Jadi, posisi ruang tersembunyi awak kabin berada di antara kedua lantai tersebut dan emergency hatch-nya berada di bawah lantai dua.

Dilansir Simple Flying, ruang rahasia ini dapat dijumpai di beberapa pesawat widebody seperti Boeing 777, Boeing 787 Dreamliner, Airbus A330, Airbus A350, dan sebagainya dengan rute perjalanan jauh, tentu saja ruangan ini bukan untuk umum, hanya petugas saja yang boleh masuk ke sana.

Ruangan tersembunyi ini berada di belakang kockpit dan di atas kursi first class dan kelas bisnis. Terdapat juga tangga rahasia untuk naik ke ruangan ini. Untuk mengakses tangga ini, dibutuhkan kode khusus yang hanya diketahui oleh para kru pesawat. Pintu masuk menuju ruang rahasia ini dapat kita jumpai di belakang bangku paling ujung dari suatu kabin.

Di ruang tersembunyi untuk pramugari istirahat ini, biasanya ada sekitar enam sampai 12 kasur. Tergantung tipe pesawatnya.

Masing-masing tempat tidur memiliki seat belt untuk berjaga-jaga saat terjadi turbulensi dan dilengkapi bantal dan selimut.

Baca juga: Viral! Ruang Rahasia Pramugari di Pesawat Boeing 777, Tepat di Atas Penumpang

Ada juga ventilasi udara, lambu baca, tirai untuk privasi, sistem interkom antar kru untuk memudahkan komunikasi, sampai IFE, cermin, dan loker pribadi untuk di pesawat-pesawat terbaru.

Meski sudah didesain senyaman mungkin untuk pramugari istirahat, pada umumnya tetap ada yang bisa dan ada yang tidak bisa tidur selama pergantian shift dalam penerbangan.

RELATED ARTICLES
- Advertisment -

Yang Terbaru