Tuesday, April 16, 2024
HomeHot NewsKA Feeder Kereta Cepat Jakarta - Bandung Rencana Tambah Armada KRDE Hingga...

KA Feeder Kereta Cepat Jakarta – Bandung Rencana Tambah Armada KRDE Hingga 5 Set

Kabar mengejutkan di media sosial aplikasi percakapan whatsapp bahwa rangkaian KA Feeder Kereta Cepat Jakarta Bandung (KCJB) kembali uji coba. Ada yang sedikit berbeda saat rangkaian diuji coba di area Balai Yasa Yogyakarta ini. Terlihat bagian depan atau kabin masinis KRDE (Kereta Rel Diesel Elektrik) ini terlihat sedikit melengkung kedepan . Layaknya kereta aerodinamis digadang – gadang ternyata KRDE jenis ini merupakan rangkaian KA Feeder KCJB set kedua hasil karya kembali dari kru Balai Yasa Yogyakarta.

Baca juga: Warga Solo Sudah Bisa Merasakan KA Feeder KCJB (Kereta Cepat Jakarta Bandung) Lebih Dulu

Ya, penampakan foto yang dikirim dari berbagai grup railfans terlihat uji coba kecepatan dan mesin di area Balai Yasa Yogyakarta pada malam hari, Rabu 23 Februari 2022. Seperti pada set pertama rangkaian KRDE ini menguji beban saat dilakukan tes dengan istilah ‘langsir reyen’. KRDE set kedua terdiri dari 5 unit kereta dengan nomor rangkaian K3 2 12 16 – 20 yaitu rombakan dari rangkaian KRD Prameks yang sudah tidak dijalankan rute Solo Balapan – Yogyakarta – Kutoarjo pp.

Setelah melakukan uji coba di area Balai Yasa Yogyakarta, rangkaian KRDE ini kembali uji coba di lintas reguler yaitu rute Lempuyangan – Kutoarjo pp. Kamis, (24/1). Uji coba dilakukan guna tes beban, kecepatan dan kehandalan pada tenaga mesin elektrik yang dimiliki KRDE ini. Keberangkatan dari Stasiun Lempuyangan pada pukul 13.10 WIB dan tiba di Stasiun Kutoarjo pukul 14.05 WIB. Kemudian perjalanan uji coba kembali dilanjutkan dari Stasiun Kutoarjo pukul 15.20 WIB dan tiba di Stasiun Lempuyangan pukul 16.15 WIB.

Menurut kabar yang beredar, rangkaian KRDE yang akan dijalankan sebagai KA Feeder KCJB akan dibuat sebanyak 5 set kereta yang masing – masing set terdiri dari 5 unit KRDE. Entah bagaimana keputusan selanjutnya jika rangkaian ini sebelum di kirim ke wilayah Daop (Daerah Operasi) 2 Bandung ini apakah akan digunakan reguler di wilayah Daop 6 Yogyakarta untuk mengangkut penumpang seperti set pertama atau tidak.

Baca juga: Ada Gangguan Pada Mesin, Feeder Kereta Cepat Jakarta Bandung (KCJB) Mogok Saat Uji Coba

Yang jelas rangkaian ini jika selesai tahap uji coba nantinya akan dikirim ke Bandung dan selanjutnya akan dijalankan secara reguler dengan rute Padalarang – Bandung – Rancaekek dan Tegalluar saat semua pembangunan telah rampung dikerjakan. (PRAS – Cinta Kereta Api)






















RELATED ARTICLES
- Advertisment -

Yang Terbaru