Monday, June 24, 2024
HomeHot NewsKA Gumarang dengan 16 Gerbong Jadi Kereta Api Campuran Terpanjang di Indonesia

KA Gumarang dengan 16 Gerbong Jadi Kereta Api Campuran Terpanjang di Indonesia

Rangkaian kereta api sudah barang tentu dapat disesuaikan berdasarkan atas permintaan penjualan kursi dan kapasitas atau kemampuan unit penarik (lokomotif). Terkait dengan rangkaian kereta api di Indonesia, tahukah Anda, kereta api apa yang punya rangkaian gerbong terpanjang?

Baca juga: Yuk Intip Kelas Apa Saja yang Telah Dimiliki Kereta Api Indonesia, Sudah Lengkap?

Mengutip sumber dari akun Instagram PT KAI @kai121_, jawaban kereta api dengan rangkaian terpanjang saat ini adalah KA Gumarang. Ditarik oleh satu lokomotif, KA Gumarang punya konfigurasi 9 unit gerbong kelas bisnis, 5 unit gerbong kelas eksekutif, 1 unit kereta makan, dan 1 unit kereta pembangkit.

Jadi dengan total 16 gerbong yang ditarik lokomotif, KA Gumarang memegang rekor sebagai kereta kelas campuran terpanjang di Indonesia.

 

View this post on Instagram

 

A post shared by KAI121 (@kai121_)

Dari sejarahnya, KA Gumarang pertama kali diluncurkan pada 24 September 2001. Awalnya, kereta ini melayani rute dari Jakarta (Stasiun Pasar Senen) menuju Surabaya (Stasiun Pasar Turi), melalui jalur utara Pulau Jawa yang melintasi Cirebon, Semarang, dan Bojonegoro. Saat ini, KA Gumarang masih melayani rute Jakarta-Surabaya dengan waktu tempuh sekitar 10-12 jam tergantung kondisi operasional.

KA Gumarang menawarkan dua kelas layanan utama yaitu kelas eksekutif dan bisnis. Kelas eksekutif menyediakan kenyamanan lebih dengan fasilitas yang lebih lengkap dibandingkan kelas bisnis.

Nama “Gumarang” diambil dari legenda Minangkabau yang menggambarkan seekor kerbau besar yang kuat. Nama ini mencerminkan harapan agar kereta ini dapat memberikan pelayanan yang kuat dan tangguh.

RELATED ARTICLES
- Advertisment -

Yang Terbaru