Kapal Tanker Listrik Pertama Akan Mengarungi Teluk Tokyo di 2022

0
Kapal tanker listrik e5 (newatlas.com)

Kendaraan listrik tidak hanya menyusuri perjalanan darat saja, tetapi moda transportasi laut pun sudah mulai menggunakan listrik. Selain kapal ferry dan kapal cepat, sebentar lagi sebuah kapal tanker listrik akan mulai mengarungi Teluk Tokyo, Jepang.

Baca juga: Sungai Chao Phraya di Bangkok Kini Dilayani Kapal Ferry Bertenaga Listrik

Kapal tanker ini disebut e5 dan yang menarik akan digunakan untuk mengirimkan bahan bakar konvensional ke kapal lain. KabarPenumpang.com melansir dari laman newatlas.com (15/2/2021), dua kapal tanker tersebut saat ini tengah dalam proses pembangunan oleh KOA Industry Co Ltd dan Imura Shipyard.

Rencananya kapal pertama akan memulai layanannya tahun depan dan kapal kedua menyusul di tahun 2023. Pengembangan proyek e5 merupakan konsorsium perusahaan pelayaran dan teknologi maritim.

Untuk diketahui, dua kapal tanker e5 yang tengah dalam pembangunan tersebut dipesan oleh Asahi Tanker dan Kawasaki Heavy Inudstries tengah merancang sistem propulsinya. Nantinya kapal yang memiliki panjang 62 meter tersebut akan digunakan untuk mengirim bahan bakar di Teluk Tokyo, Jepang.

Setiap kapal tanker e5 akan memiliki berat sekitar 499 ton dan akan menggunakan dua paket baterai lithium-ion 1.740-kWh Ocra ESS yang dibuat oleh Corvus Energy. Baterai ini berkapasitas gabungan 3.480 kWh atau 3,5 megawatt per jam.

Paket tersebut akan memberi daya pada dua motor pendorong azimuth 300 kW yang akan memberi kecepatan jelajah sekitar sepuluh knot atau sekitar 19 km per jam. Bahkan dengan baterai per pengisian daya saat ini dijelaskan bisa digunakan selama “berjam-jam”.

Karena menggunakan penggerak motor listrik, kapal tanker e5 tidak akan menghasilkan emisi gas buang. Selain itu dengan menggunakan motor listrik, laju kapal tanker tersebut seharusnya akan lebih mulus dan menghasilkan lebih sedikit getaran serta kebisingan dibandingkan dengan mesin tradisional.

Baca juga: e-Oshima, Kapal Ferry Bertenaga Listrik dengan Baterai Sejenis di Boeing 787 Dreamliner

Hal ini membuat kondisi onboar lebih nyaman bagi awak kapal. Tak hanya itu, bila terjadi bencana alam di kawasan Teluk Tokyo, maka kapal ini dapat menyediakan listrik untuk layanan darurat.

Leave a Reply