Kenali Jenis Kereta Crane yang Bantu Evakuasi KRL Anjlok di Cilebut

Kereta crane Gottwald SC39302 (Foto: Istimewa)

Anjloknya KRL Jabodetabek jurusan Jatinegara – Bogor di Cilebut, Bogor pada Minggu (10/3/2019) siang kemarin memang membawa dampak yang cukup signifikan terhadap pengoperasian harian para komuter Ibukota. Menanggapi kejadian ini, Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi datang ke lokasi kejadian untuk meninjau secara langsung terkait kecelakaan yang memakan 17 korban luka ini. Menurutnya, adapun upaya yang dilakukan untuk menormalkan kembali pengoperasian dari salah satu tulang punggung transportasi Ibukota ini adalah dengan cara melakukan evakuasi kereta.

Baca Juga: Mengenal Lebih Dalam Mesin Perawatan Jalan Rel, Si Kuning Yang Gemar “Patroli” di Malam Hari

“Evakuasi harus menunggu crane dari Bandung (Daerah Operasi/Daops II), 3 sampai 4 jam baru sampai. Kami mengimbau masyarakat menggunakan non KRL dari dan ke Bogor,” ujar Menhub Budi, sebagaimana yang dilansir KabarPenumpang.com dari laman Tribunnews.com (10/3/2019) kemarin. Sementara untuk penyebab anjlok, baik Menhub Budi maupun VP Corporate Communcation PT Kereta Commuter Line Indonesia, Eva Chairunnisa belum dapat memberikan jawaban karena pihaknya hingga saat ini masih melakukan investigasi.

Disini, salah satu instrumen yang membantu proses evakuasi kereta Commuter Jabodetabek KA 1722 adalah kereta crane. Jika di moda darat, mungkin kereta crane ini memiliki fungsi yang hampir mirip dengan mobil derek. Namun, tidak semua kereta crane memiliki fungsi untuk mengevakuasi armada yang baru saja tertimpa musibah.

Seperti yang jadi andalan PT KAI adalah kereta crane Gottwald SC39302 yang punya kapasitas angkat sampai 120 ton. Untuk tiba di lokasi kecelakaan, kereta crena ditarik oleh lokomotif diesel. Gottwald SC39302 termasuk ke dalam jenis breakdown crane.

Mengutip dari laman sumber lain, ada tiga jenis kereta crane yang biasanya disiapkan untuk menunjang pengoperasian dari kereta – baik kereta komuter maupun kereta konvensional. Kereta crane ini biasanya dirancang secara khusus untuk menanganai satu dari tiga tujuan.

Goods Yard Crane. Sumber: istimewa

Goods yard crane biasanya memiliki bentuk yang paling kecil diantara kereta crane lain, namun memiliki kemampuan untuk mengangkat benda dari satu titik menuju titik lainnya.

Baca Juga: Antisipasi Kecelakaan di Jalur Kereta, Kemenhub Datangkan Kereta Derek

Adapula yang namanya maintenance crane, dimana kereta crane jenis ini memiliki paling banyak varian bentuk yang berfungsi sesuai dengan namanya – pemeliharaan. Untuk tujuan umum, crane ini sering digunakan untuk memasang instrumen persinyalan, sementara tipe lain yang lebih spesifik bisa digunakan untuk meletakkan track.

Maintenance Crane. Sumber: wikipedia

Lalu yang terakhir ada breakdown crane, kereta crane yang biasa digunakan untuk pekerjaan pemulihan pasca kecelakaan. Untuk masalah ukuran, kereta crane ini cukup besar untuk mengangkat rolling stock yang tergelincir untuk kembali ke trek. Dalam terminologi Amerika Utara, breakdown crane sendiri sering disebut sebagai wrecker.