Kenali Jenis Makanan Khusus dalam Penerbangan

Sumber: istimewa

Bagi Anda yang melakukan penerbangan, khususnya dengan maskapai yang menyajikan layanan full service terkadang melupakan bahwa ada fasilitas untuk pemesanan makanan khusus. Untuk menarik minat dan selera penumpang, umumnya sajian hidangan di penerbangan full service dirancang dan diracik dengan memikat, tak jarang untuk mengukuhkan promosi, pihak maskapai juga menggandeng nama-nama chef yang kondang.

Namun tak selamanya menu pada penerbangan sesuai dengan keinginan, contoh bagi Anda yang punya pantangan kesehatan atas jenis makanaan tertentu, atau pantangan berdasarkan perintah agama, sampai kebutuhan khusus pada anak kecil atau bayi, semua harus dipersiapkan sedari awal sebelum perjalanan. Kitika perjalanan Anda lumayan jauh, seperti misalnya ke Eropa atau Amerika, maka taka da salahnya untuk memesan makanan khusus.

Kebanyakan pemesanan makanan khusus tidak dipungut tambahan biaya, asalkan Anda harus mengetahui ketentuan cara pemesanan di masing-masing maskapai. Di maskapai Singapore Airlines dan Cathay Pacific, proses pemesanan dapat dilakukan lewat jalur online, cukup dengan menginput nomer booking dan flight number. Sementara di maskapai Garuda Indonesia, pemesanan bisa dilakukan dengan cara menelpon ke call center. Baik Singapore Airlines dan Garuda Indonesia punya syarat bahwa permintaan dapat dilakukan sekurang-kurangnya 24 jam sebelum jadwal penerbangan. Setelah proses pemesanan tuntas, Anda tinggal duduk manis, nantinya pramugari/pramugara akan menghampiri Anda dengan membawa makanan khusus tadi.

Dan dalam dunia penerbangan internasional, penentuan jenis makanan khusus ditandai dengan kode khusus yang telah disahkan oleh IATA. Berikut adalah kode-kode makanan khusus yang menjadi standar di seluruh dunia.

Makanan Yang Ada di Pesawat Untuk Bayi, Bayi dan Makanan Anak
• Bayi Meal (BBML)
Cocok untuk bayi berusia kurang dari 1 tahun, makanan ini terdiri dari 3 botol (sekitar 80 gram ke 110 gram) dari makanan bayi – hidangan utama, sayuran dan makanan penutup.
• Post-Menyapih Meal (PWMLM)
Cocok untuk bayi berusia antara 1 dan 2 tahun, makanan ini lebih besar daripada bayi Meal. Makanan item mudah untuk menggigit, mengunyah dan mencerna.
• Meal Anak untuk Bayi (CHMLI)
Cocok untuk bayi berusia kurang dari 2 tahun, makanan ini lebih besar dari segi kuantitas dan pilihan komponen makanan. Makanan item mudah untuk menggigit, mengunyah dan mencerna.
• Anak Meal (CHML)
Cocok untuk anak-anak berusia antara 2 dan 7 tahun, makanan ini kurang besar daripada makan dewasa. Makanan item mudah untuk menggigit dan mengunyah, dan menarik bagi anak-anak.

Makanan Yang Ada di Pesawat Khusus Pecinta Agama
• Meal Hindu Non-Vegetarian (HNML)
Makanan ini adalah non-vegetarian dan berisi daging (domba, unggas), ikan, dan/atau produk susu. Ini adalah makanan non-vegetarian cocok untuk mereka yang tidak mengkonsumsi daging sapi, sapi, babi, asap dan ikan mentah. Biasanya dimasak pedas atau kari, gaya persiapan dan memasak yang mungkin berbeda.
• Meal Kosher (KSML) Kosher Prinsip Halal Ala Yahudi
Disiapkan sesuai dengan spesifikasi agama Yahudi, pra-dikemas makanan ini (yang disegel) mengandung daging.
• Kosher Vegetarian (KSMLV)
Disiapkan sesuai dengan spesifikasi agama Yahudi, pra-dikemas makanan ini (yang disegel) tidak termasuk penggunaan daging, makanan laut dan produk susu. Silahkan hubungi Reservasi Kantor kami untuk membuat pengaturan yang diperlukan untuk penerbangan Anda.
• Meal Muslim (MOML)
Tidak ada alkohol, daging babi, babi oleh-produk, ham atau daging yang digunakan dalam penyusunan makanan ini. Its persiapan dan memasak gaya dapat bervariasi.
Makanan Yang Ada di Pesawat Khusus Vegetarian
• Raw Vegetarian Meal (RVML)
Makanan ini disusun kombinasi buah-buahan dan / atau sayuran mentah.
• Vegetarian Meal India (AVML)
Ini adalah makanan vegetarian non-ketat yang disiapkan dalam gaya India dan biasanya pedas. Tidak ada daging, makanan laut atau telur diperbolehkan. Makanan ini mungkin termasuk produk susu.
• Vegetarian Jain Meal (VJML)
Cocok untuk Jain, makanan ini dimasak dalam gaya India dan biasanya pedas. Tidak ada daging, makanan laut, telur dan produk susu yang digunakan dalam penyusunan makanan ini. Bawang, bawang putih, jahe, jamur dan sayuran akar juga tidak digunakan. Silahkan hubungi Reservasi Kantor kami untuk membuat pengaturan yang diperlukan untuk penerbangan Anda.
• Vegetarian Meal Oriental (VOML)
Biasanya dimasak dalam gaya Cina, makanan ini tidak mengandung daging, makanan laut, telur dan produk susu.
• Vegetarian Vegan Meal (VGML)
Biasanya dimasak dalam gaya Barat, makanan ini tidak mengandung daging, makanan laut, telur dan produk susu.
• Vegetarian Lacto-Ovo Meal (VLML)
Disusun dalam gaya Barat, ini adalah makanan vegetarian non-ketat yang dapat mencakup telur dan produk susu tetapi menghilangkan semua daging dan makanan laut.
Makanan Yang Ada di Pesawat Untuk Diet
• Meal Bland (BLML)
Item yang menyebabkan iritasi lambung tidak akan digunakan dalam penyusunan makanan ini misalnya lada hitam, cabai bubuk, kakao dan alkohol.
• Meal Diabetic (DBML)
Gula tidak digunakan dalam penyusunan makanan ini. Garam dalam jumlah terbatas diperbolehkan.
• Bebas Lemak Meal (FFMLM)
Makanan ini tidak termasuk penggunaan lemak hewan atau makanan berlemak, dan produk susu. Makanan alami tinggi kolesterol, seperti daging merah, udang dan kulit unggas dari semua jenis dihindari. Makanan yang digoreng dari semua jenis dilarang.
• Buah Platter (FPML)
Hanya buah-buahan segar disajikan untuk makanan ini.
• Gluten Meal toleran (GFML)
Tidak ada gandum, rye, barley, gandum dan dedak dalam bentuk apapun (termasuk makanan yang mungkin mengandung bahan-bahan tersebut) disajikan untuk makanan ini.
• Rendah Kalori Meal (LCML)
Makanan contaning jumlah besar lemak (makanan misalnya digoreng, saus dan gravies) digunakan dalam jumlah terbatas untuk menyiapkan makanan ini. Penggunaan barang-gula yang kaya juga dibatasi.
• Low Fat Meal (LFML)
Makanan ini tidak termasuk penggunaan lemak hewan atau makanan berlemak. Makanan alami tinggi kolesterol (misalnya udang dan unggas kulit dari semua jenis) dan makanan yang digoreng dari semua jenis dilarang. Hanya produk susu rendah lemak (misalnya susu skim atau keju cottage), daging tanpa lemak dan minyak nabati cair poli-tak jenuh yang diizinkan.
• Rendah Serat Residu Meal (LFBRS)
Makanan ini dicerna mudah membatasi jumlah serat yang dikonsumsi. Bran dan gandum produk dihindari. Buah-buahan, sayuran dan jus dibatasi.
• Low Lactose Meal (NLML)
Makanan ini tidak termasuk makanan yang mengandung susu, padatan susu kering, kasein, keju, krim, mentega, laktosa dan margarin.
• Low Salt Meal (LSML)
Makanan garam, serta alami asin dan diproses (misalnya baking powder, soda dan MSG) yang baik dihilangkan atau dibatasi dalam jumlah dalam penyusunan makanan ini.
• Non-Karbohidrat Meal (NCBHD)
Tidak ada pati dan karbohidrat dalam bentuk apapun akan ditampilkan dalam makanan ini.
• Non-Strict Nut Meal Gratis (NFMLA)
Bahan seperti kacang tanah dan kacang-kacangan dihilangkan dari makanan ini. Silahkan hubungi Reservasi Kantor kami untuk membuat pengaturan yang diperlukan untuk penerbangan Anda.
• Meal Semi-Fluid (SMFUM)
Terutama bubur, cincang dan item yang mudah dicerna (misalnya susu, yoghurt, bubur, cincang atau daging homogen, bubur sayuran dan buah-buahan) yang ditampilkan dalam makanan ini.
• Meal Cairan Lembut (SFUML)
Terutama diayak dan item pekat (misalnya susu, disaring bubur, disaring sup mengental atau sup bening) yang ditampilkan dalam makanan ini.
• Maag Diet Meal (UCDEM)
Makanan ini mengandung mudah dicerna, polos, rebus dan panggang makanan (misalnya daging putih atau ikan). Makanan atau buah-buahan yang bersifat asam (misalnya buah jeruk) dihindari.

Makanan lainnya
• Meal Jepang (JPMLM)
Tersedia hanya untuk Suite dan penumpang Kelas Satu, makanan ini adalah fitur pada penerbangan dari Singapura dan rute pilihan lainnya, dengan durasi penerbangan dari 2 jam atau lebih. Silahkan hubungi Reservasi Kantor kami untuk membuat pengaturan yang diperlukan untuk penerbangan Anda.
• Seafood Meal (SFML)
Makanan ini hanya memiliki makanan laut, termasuk ikan.
• Non-Beef Meal (NBMLM)
Makanan ini melarang penggunaan daging sapi atau daging sapi oleh-produk dalam semua program.