Tuesday, March 5, 2024
HomeAnalisa AngkutanKereta Buatan Tahun 1938 Lakukan Uji Coba Manggarai – Tanjung Priok pp....

Kereta Buatan Tahun 1938 Lakukan Uji Coba Manggarai – Tanjung Priok pp. Hari Ini. Bakal Ada yang Spesial, Nih!

Jika kawasan Semarang lakukan peringatan 155 tahun perjalanan pertama kereta api Indonesia pada 10 Agustus kemarin, lain halnya di kawasan Jakarta yang akan lakukan uji coba Kereta Luar Biasa (KLB) paling nomor satu di Indonesia hari ini (11/8).

Baca juga: Sensasi Naik Kereta Api di Bumi Parahyangan Melewati Jembatan Terpanjang dan Tertua

Ya, kereta yang dijuluki nama Djoko Kendil ini lakukan uji coba perjalanannya hari ini. Rangkaian kereta dengan nomor body IW 38221 dan IW 38212 rencananya akan dibuat perjalanan spesial pada Agustus 2022 ini.

Uji coba dilakukan mulai dari Balai Yasa Manggarai dilangsir menuju Stasiun Manggarai menggunakan lokomotif CC 201 78 06. Kemudian KLB ini berjalan menuju Stasiun Tanjung Priok dengan rute Matraman, Jatinegara, Pondok Jati, Kramat, Gang Sentiong, Pasar Senen, Kemayoran, Ancol, dan berakhir di Tanjung Priok.

Rangkaian ini menempuh perjalanan dengan kecepatan 40 – 45 km/jam dan membutuhkan waktu kurang lebih 1 jam. Rangkaian yang diberangkatkan dari Manggarai pukul 09.10 dan dari Tanjung Priok pukul 11.39 ini merupakan rute yang nantinya akan ditempuh dalam acara spesial yang dinantikan para pecinta kereta api khususnya wilayah Daop 1 Jakarta.

Adapun uji coba rangkaian Djoko Kendil ini rencannya akan digunakan untuk kereta kemerdekaan dalam rangka HUT Kemerdekaan RI ke-77. Dan informasi baru – baru ini, rangkaian Djoko Kendil akan ditarik menggunakan lokomotif dengan livery vintage warna hijau.

Baca juga: Peringatan 155 Tahun Perjalanan Pertama Kereta Api Indonesia, KAI Lakukan Perjalanan Khusus Semarang – Tanggung pp

Namun ada pula yang menginformasikan bahwa sang lokomotif listrik yang melegenda dengan julukan nama Bon Bon itu pun akan dirangkaikan dalam satu perjalanan. Diharapkan dengan hadir dan dijalankannya KLB Djoko Kendil ini dapat menambah suasana HUT Kemerdekaan RI jadi lebih meriah dan menjadikan suasana nostalgia di jalur kereta api yang terkenal dengan cagar budayanya.

RELATED ARTICLES
- Advertisment -

Yang Terbaru