Thursday, February 22, 2024
HomeDaratKereta Panoramic Belum Bisa Dioperasikan Secara Reguler, Kenapa? Ini Jawaban dari PT...

Kereta Panoramic Belum Bisa Dioperasikan Secara Reguler, Kenapa? Ini Jawaban dari PT KAI

Seperti ulasan yang dibahas kabarpenumpang.com mengenai keluaran baru dari rangkaian kereta bernama Kereta Panoramic yang merupakan jenis kereta penumpang yang dilengkapi dengan sunroof atau kaca di bagian kabin kereta tersebut. Dengan warna hijau tua Kereta Panoramic ini memiliki ukuran kaca jendela kereta yang berukuran lebih besar dibanding dengan rangkaian kereta lainnya.

Baca juga: Kereta Panoramic, Era Baru KAI Melihat Pemandangan Lebih Luas Selama Perjalanan

Penumpang yang menikmati Kereta Panoramic ini bisa melihat pemandangan luar yang lebih luas, sehingga perjalanan terasa lebih menyenangkan. Namun sejak di pamerkan dan di uji coba sejak 11 Agustus 2022 lalu, hal ini masih bertanya – tanya tentang kapan Kereta Panoramic dioperasikan secara reguler dan bisa dinikmati penumpang?

Kereta Panoramic yang sudah dimiliki dan diuji cobakan memiliki 2 set kereta dengan nomor seri K1 0 09 16 dan K1 0 01 11. Rangkaian tersebut hasil buah tangan untuk KAI dari tim Balai Yasa Surabaya Gubeng. Ada isu memang Kereta Panoramic akan diresmikan sekaligus saat HUT Kemerdekaan RI lalu. Namun, pihaknya mengatakan kereta ini masih terus dalam tahap pengujian, agar saat digunakan sebagai perjalanan reguler tidak ada masalah yang dapat mengganggu kenyamanan penumpang. Kereta Panoramic memang harus melalui tahap uji coba setelah dilakukan modifikasi, sebelum beroperasi di Indonesia. Uji cobanya sendiri masih terus dilakukan oleh Tim Penguji Sarana Perkeretaapian ddari Balai Pengujian Perkeretaapian.

Uji coba lintas Kereta Panoramic di Surabaya Gubeng.
( FOTO : Tangkapan Layar Youtube/Nathan Aditya Nugraha )

Baca juga: Rocky Mountaineer, Kereta Wisata yang Akan Bawa Anda Menempuh Perjalanan Romantis

Tak hanya itu hingga saat ini harga tiket untuk kelas Kereta Panoramic, PT Kereta Api Indonesia masih belum diketahui dan masih tahap pembahasan. Rangakaian Kereta Panoramic masih tahap penyempurnaan termasuk beberapa pengujian bagian interior kereta termasuk melakukan perbaikan dan sejumlah perubahan dari sisi interior kereta tersebut termasuk perubahan detail pada kursi. Saat ini Kereta Panoramic masih berada di Balai Yasa Surabaya Gubeng untuk dilakukan penyempurnaan serta menunggu informasi lanjut untuk target penyelesaian serta bisa digunakan untuk penumpang. (PRAS – Cinta Kereta Api)

RELATED ARTICLES
- Advertisment -

Yang Terbaru