Lima Maskapai Ini Kondang Untuk Rute Perintis

0
Surabayaonline.co

Penerbangan perintis, sampai saat ini masih banyak terdapat di Indonesia, ini karena letak geografis Indonesia yang memiliki banyak pulau dan daerah yang berbukit-bukit. Penerbangan perintis sendiri sebuah kegiatan angkutan dalam negeri yang melayani dan menghubungkan daerah terpencil, tertinggal hingga yang belum terjangkau oleh moda transportasi lain serta secara komersial belum menguntungkan.Biasanya penerbangan perintis ini memiliki landasan pacu yang belum beraspal ataupun landasan darurat seadanya.

Mungkin Anda berpikir bagaimana cara pesawat bisa sampai ke daerah-daerah tersebut dan adakah maskapai yang mampu melalui penerbangan perintis di Indoneisa? Ternyata ada beberapa maskapai yang mampu melayani penerbangan perintis di Indonesia, salah satunya dalah milik Menteri Kelautan dan perikanan Susi Pudjiastuti. Dulu, sebelum kejatuhannya tahun 2014 lalu, Merpati Airlines menjadi salah satu maskapai yang melayani penerbangan perintis. Dengan pesawat kecil Merpati mampu melayani rute-rute penerbangan yang tidak bisa dilalui oleh pesawat besar.
10431493_10204620140692189_2152447063334607799_n maxresdefaultBerikut maskapai-maskapai yang mampu melayani penerbangan perintis di Indonesia.

Susi Air
Maskapai milik menteri Susi Pudjiastuti ini, melayani ruter perintis Jakarta, Medan, Balikpapan, Kendari, Bandung, ilacap dan Sentani (Papua). Awalnya Susi Air ini berfokus pada bisnis ekspedisi hasil laut. Namun setelah namanya terkenal karena mendarat di Aceh pasca tsunami tahun 2004 lalu Susi Air akhirnya juga membuka penerbangan perintis. Selain itu, maskapai ini juga melayani jasa carter dengan armada pesawat premium Piaggio Avanti.

Nam Air
Masakapai baru anak perusahaan Sriwijaya Air ini, dulunya adalah sekolah penerbangan. Seiring berjalannya waktu, sekolah penerbangan ini menjadi sebuah nama maskapai baru yang melayani rute-rute sekunder atau perintis sejak Februari 2014 lalu. rute perintis yang dilayanai Nam Air menuju kawasan timur yakni Maumere, Kupang dan Waingapau dengan pesawat jenis Boeing 737-500.
kegata-dogiyai-tabloid-jubiWings Air
Sejak akhir tahun 2015, Wings Air menegaskan statusnyaa sebagai operator ART terbesar dengan koleksi total 60 unit pesawat. Wings Air, anak perusahaan Lion Air ini, menapaki rute perintis sejak awal berdiri. Berikut rute penerbangan perintis yang dilayani Wings Air yakni Silangit, Solo, Luwu, Berau dan Selayar.

Garuda Indonesia Airlines
Garuda juga memiliki pesawat perints bernama Explore, maskapai ini melayani rute menuju Bima, Lombok, Labuan Bajo, Luwuk, Mamuju, Ende dan Jember. Tak hanya itu, belum lama ini, Garuda bekerjasama dengan Pelita Air untuk rute-rute perintis yang belum ada di Garuda. Jenis pesawat yang digunakan adalah ATR 72–600 dan Bombardier CRJ1000.

Aviastar
Berdiri diatas naungan PT Aviastar Mandiri, merupakan maskapai yang menayani rute penerbangan di Indonesia Tengah dan Timur. Tak hanya penerbangan penumpang, Aviastar juga memberikan pelayanan untuk kargo khususnya ke penerbangan Kalimantan dan Papua. Saat ini, Aviastar memiliki 10 rute penerbangan yakni Jakarta, Lampung, Balikpapan, Palangkaraya, Samarinda, Makassar, Nabire, Tana Toraja, Datah Dawai dan Banjarmasin.

Trigana Air
Trigana Air juga dikenal melayani rute-rute penerbangan perintis dari dan ke wilayah-wilayah Indonesia Timur, terutama daerah Papua. Saat ini Trigana Air menggunakan pesawat jenis propeller ATR-42/72 dan pesawat jet Boeing 737-200. Beberapa rute andalannya adalah Jayapura – Wamena, Jayapura – Nabire, dan Jakarta – Pangkalan Bun. Di awal berdirinya pada tahun 1991, Trigana Air sempat mengoperasikan pesawat Beechcraft B200C King Air yang dikenal handal untuk penerbangan perintis.

Leave a Reply