Wednesday, May 25, 2022
HomeBandaraManfaatkan Runway dan Apron, Tiga Bandara ini Gelar Balapan Mobil: Ada Balap...

Manfaatkan Runway dan Apron, Tiga Bandara ini Gelar Balapan Mobil: Ada Balap Formula E

Saat ini, balap mobil bisa dilakukan dimana saja, tidak selalu di sirkuit, mulai dari jalan raya sampai bandara semua bisa dan pernah menyelenggarakan kejuaraan balap atau grand prix, dalam hal ini balap mobil. Lantas bandara mana saja yang pernah menyelenggarakan balap mobil? Dilansir Simple Flying, berikut selengkapnya.

Baca juga: Lima Lounge Bandara Terbaik di Dunia, Nomor Empat Dilengkapi Simulator Mobil Balap Formula 1

Bandara Berlin Tempelhof

Bandara yang terletak di bagian selatan kota Berlin ini merupakan salah satu gerbang utama para turis yang datang, terhitung sejak tahun bandara ini dibuka, mulai tahun 1923 hingga 2008.

Berdiri di atas lahan seluas 877 hektar, kini eks-bandara tersebut sudah beralih fungsi menjadi taman kota yang besarnya melebihi New York Central Park dan hampir dua kali lebih besar dari ukuran wilayah Monaco.

Dengan ditutupnya bandara ini pada tahun 2008, maka pada saat itu pintu gerbang menuju kota Berlin terbelah menjadi dua, yaitu melalui Bandara Internasional Tegel dan Bandara Internasional Schönefeld.

Dalam konteks lain, ditutupnya bandara ini juga membuat dewan kota mendorong untuk tetap memanfaatkan fasilitas bandara ini hingga akhirnya bandara ini menjadi lokasi ajang balap Formula E mulai tahun 2015.

Meski Berlin ePrix sempat pindah ke sirkuit setahun setelahnya, namun, Bandara Berlin Termpelhof kembali mengadakan balap mobil Formula E pada tahun 2017 sampai terakhir pada tahun 2021 lalu.

Bandara Lakefront Burke, Cleveland, Amerika Serikat

Tak seperti Bandara Berlin Tempelhof, Bandara Lakefront Burke, Cleveland, Amerika Serikat, masih aktif sampai sekarang meski frekuensinya kalah jauh dari Bandara Internasional Hopkins yang terletak tak jauh. Karenanya, bandara tersebut sering dijadikan tempat balapan mobil dan ini sudah berlangsung sejak lama.

Disebutkan, balapan pertama di ajang CART (Championship Auto Racing Teams) dimulai pada tanggal 4 Juli 1982. Runway lurus panjang dan lebar menjadikan balapan tak kalah seru dengan balapan di sirkuit dan penonton yang datang langsung pun juga dimungkinkan menikmati balapan dengan sempurna.

Sejak saat itu sampai saat ini, sedikitnya 26 balapan sudah digelar di bandara ini. Indy Racing League atau IndyCar juga kerap menggelar balapan di bandara ini.

Baca juga: Jerman Ubah Dua Bandara di Berlin Jadi Pusat Vaksinasi Covid-19, Jadi Vaccine Tourism Hub?

Bandara St Petersburg Albert Whitted, Florida, Amerika Serikat

Meski panjang dan besar runwaynya tak melebihi Bandara Lakefront Burke Cleveland, namun, Bandara St Petersburg Albert Whitted tetap menjadi langganan digelarnya ajang balap mobil, seperti IndiCar dan Champ Car mulai tahun 2003.

Sebab ukurannya yang tergolong kecil, bandara ini adalah bagian dari sirkuit atau lintasan terdiri dari runway, apron, dan bagian lain di luar bandara.

RELATED ARTICLES
- Advertisment -

Most Popular