Mau Tenang Sebelum Take Off? Perhatikan Panduan Ini

Sebelum sampai di ruang boarding, rasanya calon penumpang pesawat belum bisa tenang. Dalam suatu rangkaian, mulai dari waktu menuju bandara, persoalan di check in counter sampai proses antrian di imigrasi, kesemuanya bisa membuat hati Anda was-was, apalagi jika Anda sedari awal datang dengan waktu mepet di bandara.
Pastinya tidak enak punya perasaan cenat cenut di bandara, ditambah bila yang ikut dalam perjalanan adalan rombongan yang perlu perhatian khusus. Nah, ketimbang pusing, situs skyscanner.net merilis beberapa tips yang kiranya berguna untuk Anda pahami sebelum merencanakan keberangkatan dengan pesawat udara.

1. Sebelum tiba di bandara
Lebih baik anda mencari tahu tentang bandara, apalagi kalau anda berada di negeri orang. Untuk memudahkan, cari melalui maps yang tersedia pada ponsel anda. Selain itu screenshoot atau cetak tiket anda, hal ini untuk memudahkan anda. Karena terkadang koneksi internet di bandara tidaklah selalu baik.
maxresdefault

2. Saat Chek-in
Perlihatkan tiket anda kepada petugas di depan pintu masuk, setelah itu anda akan melewati pemeriksaan keamanan untuk pengecekan barang-barang yang anda bawa. Saat di gate pengamanan, lepaskan semua perhiasan, ponsel dan barang-barang yang mengandung magnet di tempat yang sudah disediakan. Akan lebih baik bila barang-barang ini anda masukkan kedalam tas agar tidak merepotkan. Setelah melakukan pengecekan keamanan, cek boarding pass anda dan masukkan barang bawaan anda ke bagasi.

Pastikan sebelumnya Anda telah mengatur barang bawaan, mana tas yang akan dibawa ke kabin, dan mana tas/koper yang akan dibawa lewat kargo.

3. Di ruang boarding
Carilah posisi tempat duduk yang nyaman untuk anda menunggu. Bila Anda membawa anak-anak ikut serta dalam penerbangan, berikan konsol mainan atau smartphone yang berisi mainan. Ini biasanya berguna agar anak-anak anda tidak lari-larian dalam ruang tunggu.

Bila Anda sendirian dan dalam perjalanan dinas, Anda bisa sembari mengerjakan pekerjaan alias mencicil pekerjaan anda yang belum selesai. Buat alarm bila keberangkatan Anda masih lama dan ingin istirahat sebentar agar Anda tidak tertinggal pesawat. Sebelum naik pesawat, antrilah dengan tenang sesuai jalurnya.

4. Di pesawat
Di dalam pesawat, carilah tempat duduk anda sesuai nomor yang ada di boarding pass. Letakkan barang-barang yang tidak anda masukkan ke bagasi di kabin pesawat. Duduklah dengan tenang dan jangan sekali-sekali berpindah duduk apalagi saat pesawat sudah akan berangkat. Hal terpenting, jangan pernah pindah ke kursi bisnis walaupun sepi.