Home Analisa Angkutan Mengapa Pesawat Berhenti Sejenak Sebelum Lepas Landas? Ini Jawabannya

Mengapa Pesawat Berhenti Sejenak Sebelum Lepas Landas? Ini Jawabannya

0
Mengapa Pesawat Berhenti Sejenak Sebelum Lepas Landas? Ini Jawabannya
Kondisi pendaratan pesawat pada malam hari, penuh dengan lampu Airfield Lighting System (AFL) sebagai alat bantu pendaratan. Foto: pics.alphacoders.com

Setelah melewati proses taxii dan pesawat berada di ujung runway, maka pada umumnya pesawat akan berhenti ‘sejenak’ sebelum lepas landas (take-off). Nah, faktor apakah yang mendasari pesawat harus berhenti sebelum lepas landas?

Baca juga: Pesawat Lepas Landas dalam Kondisi Suhu Tinggi, Ternyata Bikin Maskapai Merugi

Dikutip dari forum quora.com, disebut bahwa berhenti sejenak sebelum lepas landas adalah bagian dari prosedur pra-lepas landas yang rutin. Berikut beberapa alasan mengapa pesawat melakukan berhenti sejenak sebelum lepas landas:

1. Pemeriksaan Terakhir
Sebelum lepas landas, pilot dan awak pesawat melakukan pemeriksaan terakhir pada sistem pesawat untuk memastikan bahwa semuanya dalam kondisi yang baik. Hal ini meliputi pemeriksaan sistem kontrol, pengecekan peralatan navigasi, pengecekan mesin, dan pemeriksaan umum lainnya.

Berhenti sejenak memberikan waktu yang cukup bagi awak pesawat untuk melakukan pemeriksaan terakhir sebelum penerbangan.

2. Persiapan Take-off
Berhenti sejenak juga memberikan waktu bagi awak pesawat untuk melakukan persiapan take-off yang diperlukan. Ini termasuk mengatur instrumen, mengatur komunikasi dengan menara pengawas lalu lintas udara, memeriksa pengaturan dan pengaturan mesin, serta mempersiapkan pesawat secara umum untuk lepas landas.

3. Pemberian Prioritas
Pada bandara yang sibuk, berhenti sejenak sebelum lepas landas dapat memungkinkan pesawat sebelumnya yang masih berada di landasan untuk benar-benar meninggalkan landasan. Ini memastikan bahwa pesawat yang akan lepas landas memiliki jalur yang jelas dan aman untuk melakukan lepas landas.

4. Koordinasi dengan ATC
Pada bandara yang lebih besar, pesawat mungkin perlu menunggu instruksi atau koordinasi terakhir dengan pengawas lalu lintas udara (ATC) sebelum lepas landas.

Berhenti sejenak memberikan waktu bagi awak pesawat untuk berkomunikasi dengan ATC dan menerima instruksi final sebelum melanjutkan lepas landas.

5. Faktor Keamanan
Berhenti sejenak sebelum lepas landas juga dapat menjadi tindakan keamanan untuk memastikan bahwa pesawat berada dalam kondisi yang tepat dan siap untuk lepas landas.

Baca juga: “Pre-Flight Check”, Inilah Lima Inspeksi Wajib yang Dilakukan Sebelum Pesawat Lepas Landas

Dengan melakukan pemeriksaan terakhir dan persiapan yang tepat, pesawat dapat meminimalkan risiko masalah teknis atau operasional yang mungkin muncul setelah lepas landas. Perlu dicatat bahwa durasi berhenti sejenak dapat bervariasi tergantung pada prosedur maskapai, jenis pesawat, dan kondisi operasional di bandara tertentu.