Tuesday, April 16, 2024
HomeDestinasiMerasakan Sensasi KA Kuala Stabas (Tanjungkarang - Baturaja) dengan Harga Yang Pas

Merasakan Sensasi KA Kuala Stabas (Tanjungkarang – Baturaja) dengan Harga Yang Pas

Bagi warga Lampung dan sekitarnya tentu sudah menjadi andalan kereta api yang satu ini. Harga yang sangat relatif murah yang menempuh perjalanan hingga 5 jam dari Stasiun Tanjung Karang hingga Stasiun Baturaja. Ya, mulai dengan harga yang berkisar Rp10.000 hingga Rp30.000, penumpang sudah bisa merasakan perjalanan yang nyaman dengan kelas ekonomi premium.

Baca juga: Jalur Kereta Lampung-Palembang, Sinergikan Lintasan Penumpang dan Batubara

Penelusuran tim kabarpenumpang.com yang menjajal kereta api jarak menengah ini ternyata merupakan andalan penumpang yang hendak ke beberapa kota di Provinsi Lampung, seperti Kotabumi, Martapura, dan Baturaja. Namun, Kota Baturaja ini sudah memasuki wilayah Sumatera Selatan, yang merupakan banyaknya warga asli dengan logat Melayu.

Kereta Api Kuala Stabas terdiri dari rangkaian 5 unit kelas ekonomi premium dan 1 kereta makan dibagian tengah rangkaian. KA ini diberangkatkan 2 kali dari Stasiun Tanjung Karang dan 2 kali dari Stasiun Baturaja. Stasiun Tanjung Karang diberangkatkan Kereta Api Kuala Stabas pada pukul 06.30 dan 13.30 lalu dari Stasiun Baturaja pada pukul 06.30 dan 14.00.

Saat diperjalanan penumpang disuguhkan dengan pemandangan yang tidak biasa. Berbeda perjalanan di Pulau Jawa, jalur di Pulau Sumatera khususnya Lampung menyuguhkan pemandangan hutan lebat yang menyelimuti jalur kereta tersebut. Beberapa kali Kereta APi Kuala Stabas bertemu dengan kereta apii angkutan batu bara yang merupakan primadona wilayah Divisi Regional 4 Tanjung Karang berjumlah 60 gerbong setiap rangkaiannya.

Keunikan lainnya menggunakan Kereta Api Kuala Stabas, terdapat rangkaian khusus kelas ekonomi premium untuk membawa pegawai kereta api yang hendak melakukan tugasnya di beberapa wilayah sepanjang perjalanan. Beberapa diantaranya adalah Stasiun Ketapang dan Stasiun Kotabumi yang merupakan stasiun dinas para pegawai yang berangkat Kota Bandar Lampung. Rangkaian khusus pegawai ini berada diujung paling belakang atau depan dan sengaja ditambahkan mengingat akses jalan yang terlalu jauh jika naik kendaraan lain.

Baca juga: Ingin Ada Kereta Wisata di Lampung? – PT KAI: Benahi Dulu Infrastrukturnya

KA Kuala Stabas hingga kini masih eksis dalam perjalanan kereta api dengan harga yang relatif murah dan penumpang bisa merasakan sensasi diperjalanan walaupun sebagai wisata favorit warga Lampung maupun Sumatera Selatan. (PRAS – Cinta Kereta Api)

RELATED ARTICLES
- Advertisment -

Yang Terbaru