Sunday, July 14, 2024
HomeHot NewsMunabao - Stasiun Kereta dengan Pengamanan Terketat di Dunia, ada di Perbatasan...

Munabao – Stasiun Kereta dengan Pengamanan Terketat di Dunia, ada di Perbatasan India-Pakistan

Bila Ben Gurion di Israel dikenal sebagai bandara internasional dengan pengamanan terketat di dunia, maka ada kah stasiun kereta yang menyandang predikat serupa? Bukan sekedar penjagaan untuk pengamanan dari ancaman kriminal, lebih dari itu, pengamanan militer dan imigrasi rupanya melekat pada Stasiun Munabao.

Baca juga: Ben Gurion, Bandara Paling Aman dengan Standar Keamanan Tertinggi di Dunia

Stasiun Munabao adalah sebuah stasiun kereta api yang terletak di distrik Barmer, negara bagian Rajasthan, India. Stasiun ini memiliki peran penting dalam jaringan kereta api India karena posisinya yang dekat dengan perbatasan India dan Pakistan. Selain dikenal sebagai stasiun dengan pengamanan paling kekat, Munabao adalah stasiun yang paling tidak biasa, lantaran operasional stasiun ini sangat dipengaruhi oleh tensi ketegangan antara India dan Pakistan.

Stasiun Munabao terletak di wilayah barat India, sangat dekat dengan perbatasan India-Pakistan, dan Munabao adalah salah satu titik penting dalam hubungan kereta api antara India dan Pakistan, khususnya untuk jalur kereta api Thar Express yang menghubungkan kedua negara.

Thar Express adalah layanan kereta api internasional yang menghubungkan Munabao di India dengan Khokhrapar di Pakistan. Kereta ini melintasi perbatasan dan merupakan salah satu dari sedikit jalur kereta api yang masih berfungsi antara kedua negara.

Sebagai catatan, layanan Thar Express pertama kali dimulai pada tahun 2006 setelah sempat dihentikan sejak Perang India-Pakistan tahun 1965. Pembukaan kembali jalur ini bertujuan untuk meningkatkan hubungan dan memfasilitasi perjalanan bagi orang-orang yang memiliki keluarga di kedua negara.Operasional Thar Express dan fungsi stasiun Munabao sering kali dipengaruhi oleh ketegangan politik antara India dan Pakistan. Penangguhan layanan dapat terjadi selama periode ketegangan tinggi.

Stasiun Munabao dilengkapi dengan fasilitas dasar untuk penumpang. Namun, karena lokasinya yang terpencil dan fungsi utamanya sebagai stasiun perbatasan, fasilitasnya mungkin tidak sekomprehensif stasiun-stasiun di kota besar. Di stasiun ini, ada prosedur imigrasi dan bea cukai yang harus dilalui penumpang sebelum melanjutkan perjalanan mereka ke Pakistan atau sebaliknya.

Stasiun Munabao memainkan peran penting dalam hubungan diplomatik antara India dan Pakistan. Jalur kereta api ini sering dianggap sebagai simbol harapan untuk perdamaian dan normalisasi hubungan antara kedua negara.

Unik, Stasiun Bhawani Mandi Terletak di Dua Negara Bagian India

RELATED ARTICLES
- Advertisment -

Yang Terbaru