Wednesday, July 17, 2024
HomeAnalisa AngkutanNOTAM Dikeluarkan, Wilayah Udara Karachi dan Lahore Alami Gangguan Sinyal GPS Parah

NOTAM Dikeluarkan, Wilayah Udara Karachi dan Lahore Alami Gangguan Sinyal GPS Parah

Pesawat yang beroperasi di wilayah Karachi dan Lahore, Pakistan, mengalami masalah signifikan dengan sinyal GPS (Global Positioning System). Buntut dari kejadian tersebut, NOTAM (Notice to Airmen) baru-baru ini telah dikeluarkan oleh Otoritas Penerbangan Sipil – Civil Aviation Authority (CAA).

Baca juga: Ini Dia Serba-Serbi NOTAM, Pemberitahuan Yang Terkesan “Menakutkan”

Pemberitahuan CAA menggarisbawahi masalah berulang yang menimbulkan kekhawatiran atas keselamatan navigasi. Pilot di kedua wilayah tersebut telah diinstruksikan untuk segera melaporkan setiap gangguan sinyal GPS kepada Pengendali Lalu Lintas Udara (ATC).

Arahan ini bertujuan untuk memastikan respons yang cepat dan mitigasi terhadap potensi risiko yang terkait dengan kesulitan navigasi.

“Masalah dengan sinyal GPS telah dilaporkan di wilayah kendali Karachi dan Lahore. Masalah ini menimbulkan tantangan navigasi yang serius bagi pesawat, dan kami mendesak kapten untuk segera memberi tahu ATC jika ada insiden semacam itu,” kata juru bicara CAA.

Gangguan pada sinyal GPS dapat berdampak signifikan terhadap kemampuan pesawat untuk bernavigasi secara akurat, terutama di wilayah udara yang padat. Permasalahan tersebut dapat menyebabkan penyimpangan dari jalur penerbangan yang direncanakan, sehingga menimbulkan risiko tidak hanya pada pesawat yang mengalami masalah tersebut tetapi juga pada pesawat lain di sekitarnya.

CAA menekankan pentingnya kewaspadaan dan komunikasi yang cepat, dan menyarankan agar setiap anomali terkait navigasi segera dilaporkan ke ATC. Langkah ini sangat penting untuk menjaga keselamatan dan memastikan upaya terkoordinasi untuk mengatasi dan memperbaiki gangguan.

Seperti dikutip samaa.tv (10/6/2024, meskipun penyebab pasti masalah sinyal GPS masih belum jelas, pihak berwenang sedang menyelidiki situasi tersebut untuk menentukan sumbernya dan menerapkan tindakan perbaikan yang diperlukan. Untuk sementara, pilot dan maskapai penerbangan disarankan untuk lebih berhati-hati dan mematuhi arahan CAA.

Menlu Finlandia: “Skala Gangguan GPS Meningkat di Kawasan Baltik, Rusia Bertanggung jawab”

RELATED ARTICLES
- Advertisment -

Yang Terbaru