Paling Murah, Garuda Indonesia Tawarkan Tes PCR Rp260 Ribu!

0
ilustrasi swab PCR (ciputrahospital.com)

Garuda Indonesia melalui anak usahanya Aero Globe Indonesia, bekerja sama dengan KPH Lab (Kartika Pulomas Hospital Laboratories), menawarkan tes PCR dan rapid antigen dengan harga super murah, masing-masing Rp260 ribu dan Rp45 ribu. Kedua tes Covid-19 itu bisa didapat di seluruh jaringan Rumah Sakit dan Klinik KPH Lab yang tersebar di sejumlah wilayah Indonesia.

Baca juga: Kapasitas Penumpang Pesawat Boleh 100 Persen tapi Wajib PCR, Pengamat: Mungkin Stok Masih Banyak

Lebih lanjut, promo khusus tes Covid-19 tersebut berlangsung hingga 31 Desember 2021 dan berlaku bagi seluruh penumpang domestik dan internasional, dengan periode pembelian tiket dan periode penerbangan 20 September 2021 hingga 31 Desember 2021.

Untuk mendapatkan harga khusus tersebut para pengguna jasa dapat melakukan pemesanan tes Covid-19 sesuai dengan preferensi di kantor penjualan Garuda Indonesia ataupun melalui Whatsapp Service Aero Globe Indonesia (AGLine) di nomor +62 877 7746 1807 untuk selanjutnya mendapatkan service voucher yang dapat ditukarkan di klinik penyedia layanan yang bekerja sama dengan Garuda Indonesia.

Direktur Utama Garuda Indonesia Irfan Setiaputra mengatakan, program harga khusus tersebut selain merupakan upaya maskapai untuk memberikan nilai tambah layanan penerbangan bagi para penumpang yang akan melaksanakan perjalanan di masa pandemi ini, juga merupakan bentuk komitmen Garuda Indonesia untuk mendukung langkah percepatan penanganan pandemi yang dilaksanakan Pemerintah.

“Di tengah langkah penanganan pandemi melalui sejumlah penyesuaian ketentuan persyaratan perjalanan, promo khusus tes Covid-19 ini menjadi wujud komitmen kami untuk senantiasa hadir, memberikan kemudahan aksesibilitas layanan penerbangan bagi masyarakat yang akan merencanakan perjalanan di era kenormalan baru ini,” jelasnya.

“Bagi kami, menghadirkan layanan penerbangan yang aman, nyaman dan terpercaya bagi seluruh pengguna jasa adalah prioritas kami,” tambahnya, melalui keterangan resmi perusahaan.

Sayangnya, PCR dan antigen murah dari Garuda Indonesia tidak ada keterangan berlaku berapa hari, entah itu 2 x 24 jam atau 3 x 24 jam, sebagaimana aturan baru dari Satuan Tugas (Satgas) Penanganan Covid-19.

Sebelumnya, Kementerian Kesehatan (Kemenkes) per 27 Oktober 2021 menetapkan tarif tertinggi tes RT PCR pada harga Rp275 ribu untuk daerah di Jawa-Bali, dan Rp300 untuk daerah luar Jawa-Bali mulai 16 Agustus 2021.

Penurunan tarif tertinggi itu terhitung merupakan perubahan tarif ketiga. Kemenkes pada 16 Agustus lalu menetapkan tarif tertinggi tes RT PCR pada harga Rp495 ribu untuk daerah di Jawa-Bali, dan Rp525 ribu untuk daerah luar Jawa-Bali.

Baca juga: Catat! Mulai 12 Juli Hanya Hasil PCR dari 742 Lab yang Bisa Dipakai untuk Naik Pesawat

Patokan harga terhitung turun dari harga awal yang ditetapkan Kemenkes pada 5 Oktober 2020 lalu dengan batasan tarif tertinggi Rp900 ribu untuk pemeriksaan RT PCR. Batasan tarif tersebut berlaku untuk masyarakat yang melakukan pemeriksaan RT-PCR atas permintaan sendiri atau mandiri.

Tes PCR menjadi syarat penumpang pesawat untuk rute domestik Jawa dan Bali belakangan menjadi polemik di masyarakat. Banyak yang berpendapat aturan tersebut hanya untuk kepentingan bisnis semata, bukan tulus ikhlas menekan laju penyebaran Covid-19.