Parade Kendaraan Besar di Apron Bandara, Inilah Jenis dan Fungsinya

0
Sumber: tmpo.co

Jika Anda yang hendak bepergian menggunakan pesawat dan kebetulan tidak tersedia garbarata, berarti Anda akan turun ke apron dan diantarkan menuju pintu pesawat menggunakan layanan shuttle atau bus yang sudah disediakan oleh pihak bandara. Di sini, Anda akan melihat kesibukan yang terjadi di apron, mulai dari hilir mudik bus yang mengantarkan penumpang ke pintu pesawat hingga kendaraan yang mengangkut muatan bagasi. Lalu, apa saja kendaraan yang ada di apron?

Baca Juga: ST Engineering Kembangkan Sistem Garbarata Otomatis

Berikut, KabarPenumpang.com himpun beberapa kendaraan tersebut dilansir dari laman indotrucker.com.

Cargo & Loader Transporter

Sumber: rajakirim.co.id
Sumber: istimewa

Kendaraan ini berfungsi untuk mengangkut barang bawaan Anda dan kargo menuju bagasi. Beban tumpuan kendaraan ini pun beragam, maka dari itu kehadirannya di Apron pun tidak melulu satu model.

Aircraft Tractors

Sumber: herulegowo.com

Sesuai dengan namanya, kendaraan ini berfungsi untuk menarik pesawat keluar atau masuk ke dalam hanggar. Tidak hanya itu, Aircraft Tractors juga dapat memindahkan pesawat secara manual, baik itu untuk memindahkan pesawat yang hendak lepas landas, atau untuk keperluan lain. Kecepatan dan spesifikasi lainnya ditentukan oleh perusahaan manufaktur yang memproduksinya.

Airport Tank Truck

Sumber: istimewa

Seperti yang pernah diberitakan sebelumnya, pesawat tidak akan menyambangi stasiun pengisian bahan bakar untuk melakukan pengisian ulang, namun kendaraan inilah yang akan menghampiri dan menyalurkan muatannya ke dalam tangki bahan bakar pesawat.

Airport Crash Tender

Sumber: airportrescuesim.com

Ini merupakan salah satu moda penunjang keselamatan yang ada di setiap bandara. Kendaraan yang berfungsi layaknya mobil damkar ini memiliki kemampuan untuk menyemprotkan air atau busa jika terjadi kebakaran di sekitaran Apron.

Aircraft Hydrant Refueler

Sumber: refuelin.com

Truk ini berfungsi untuk menyalurkan kebutuhan air ke dalam pesawat, salah satunya adalah untuk di toilet. Truk ini akan mengisi penuh tangki penampungan air yang berada di sayap pesawat.

Catering Truck

Sumber: istimewa

Dari namanya saja, sudah bisa ditebak fungsi dari kendaraan yang satu ini. Ya, catering truck memiliki fungsi untuk memasukkan makanan dan minuman ke dalam pesawat yang nantinya akan dijajakan selama penerbangan.

Luggage Towing Truck

Sumber: istimewa

Ini merupakan tandem dari Cargo & Loader Transporter. Luggage Towing Truck akan membawa seluruh muatan penumpang dan kargo, yang nantinya akan disetorkan ke Cargo & Loader Transporter untuk dimasukkan ke dalam bagasi.

Baca Juga: Bandara Lapisi Lantai dengan Karpet, Ternyata Ini Alasannya!

Passenger Stair Truck

Sumber: onemileatatime.com

Jika garbarata tidak tersedia, maka kendaraan ini siap untuk menggiring tangga manual ke pintu pesawat. Walaupun dewasa ini, Passenger Stair Truck sudah jarang sekali digunakan. alih-alih menggunakan moda ini, pihak bandara lebih banyak menggunakan tangga yang dilengkapi dengan roda untuk memudahkan mobilitasnya.

Forklift Truck

Sumber: metrotvnews.com

Di Apron, Forklift Truck bisa menjadi moda serbaguna yang dapat memudahkan ground crew untuk menaikkan, menurunkan, atau memindahkan barang berat.

Leave a Reply