Pensiun dari Kedinasan, Helikoper Ini Berubah Fungsi Jadi Cottage Mewah

0

Konvergensi antara wahana transportasi dan dunia akomodoasi sudah lama berlangsung, salah satu yang populer adalah keberadaan caravan. Tidak itu saja, berangkat dari upaya membidik para pecinta wahana, bahkan ada bekas pesawat dan gerbong kereta yang disulap menjadi hunian bergaya cottage. Dan kabar paling baru datang dari Inggris, sebuah helikopter Sea King eks AL Kerajaan Inggris berhasil dialihfungsi sebagai kabin mewah untuk keluarga.

Baca juga: Train Suite Shiki-Shima Tawarkan Fasilitas Layaknya Hotel Berbintang

Berbeda ketika mendengar pesawat jumbo jet Boeing 747 direkayasa menjadi hotel, maka ketika sebuah helikopter yang punya dimensi terbatas (panjang 7 meter) dijadikan cottage, maka yang terbayang adalah betapa sempit interior di dalamnya. Tapi karena yang dibidik adalah pasar khusus dengan kecintaan khas pada dunia dirgantara, memberanikan pasangan Martyn and Louise Steedman, pemilik Mains Farm Wigwams di Stirling, Skotlandia untuk mengubah helikopter produksi Sikorsky yang dahulunya berperan sebagai pemburu kapal selam.

Baca juga: Igor Sikorsky, Kini Jadi Nama Bandara di Dua Negara

Lewat lelang pada bulan Maret 2017, pasangan ini berhasil mendapatkan sebuah Sea King dengan nomer ZA127 senilai US$9 ribu. Setelah diangkut lewat jalan darat, helikopter yang berjaya di era Perang Malvinas tersebut kemudian mulai di modifikasi. Dibutuhkan waktu berbulan-bulan untuk memulihkan fitur asli pada helikopter, sekaligus mengubah interior dengan sentuhan mewah, sementara ada keterbatasan pada dimensi kabin yang sempit.

Dengan menghasbiskan total biaya sekitar US$52 ribu, termasuk biaya pembelian, akhirnya pasangan ini dapat menyulap Sea King menjadi akomodasi mewah. Penginapan yang disebut “Helicopter Glamping” ini memiliki tempat tidur double, tempat tidur single di bagian ekor, ruang tamu dengan tempat duduk yang dapat diubah menjadi tempat tidur tambahan yang cocok untuk dua anak, dapur, kamar mandi dan private cockpit lounge. Posisi pintu ganda mengarah ke teras luar ruangan, di mana para tamu dapat bersantai dan menikmati pemandangan lanskap sekitarnya. Dengan keterbatasan space, maksimum helikopter ini hanya dapat dimuati oleh dua orang dewasa dan tiga anak.

Baca juga: Wow! Bekas Menara ATC ini Disulap Jadi Penthouse

Dikutip KabarPenumpang.com dari Newsatlas.com (10/8/2017), agar nuansa penerbangan tetap terasa, Steedmans menempatkan banyak komponen dek penerbangan penerbangan, termasuk dashboard, panel atap dan pedal kaki, dan mengembalikan semua lampu eksternal. Uniknya untuk pencahayaan sudah diatur dengan cermat, sehingga bila lampu indoor menyala, akan menjadikan helikopter seolah-olah nampak siap lepas landas.

Bagaimana Anda tertarik untuk menginap di helikopter Sea King? Tarif per malamnya dipatok mulai US$195 (setara Rp2,6 juta). Di area helikopter, tamu juga dapat menikmati beberapa kegiatan dan atraksi di luar ruangan, termasuk hiking, bersepeda dan berwisata ke Loch Lomond dan Taman Nasional Trossachs.

Leave a Reply