Thursday, June 30, 2022
HomeHot NewsPenumpang Membawa Balita Dilarang Naik KRL Pada Jam Sibuk

Penumpang Membawa Balita Dilarang Naik KRL Pada Jam Sibuk

Pembatasan jaga jarak bagi penumpang KRL sudah diterapkan beberapa hari yang lalu. Tak hanya penumpang berdiri, penumpang yang duduk pun sudah diberi stiker pada kursi KRL bertuliskan “duduk di sini” sudah ditempel di beberapa rangkaian KRL. Setelah kementerian perhubungan mengeluarkan surat edaran mengenai pelonggaran aturan berkendara khususnya kereta api, antusias masyarakat Jabodetabek pengguna KRL makin meningkat. Tak melulu pada hari kerja (weekdays) namun hari libur (weekend) pun terlihat sama bahkan lebih banyak penumpangnya.

Baca juga: Megaproyek Kereta Peluru India, Dilengkapi Nursery Room dan Toilet Terpisah

PT KAI Commuter Indonesia sebenarnya sudah memberlakukan pembatasan penumpang sebagai pengguna KRL untuk naik pada jam – jam tertentu khususnya bagi penumpang yang membawa balita dibawah usia 6 tahun. Stasiun yang melayani KRL menerapkan aturan tersebut guna menghindari kepadatan penumpang khususnya pada jam kerja. Penerapan sesuai aturan tersebut salah satunya berada di Stasiun Bogor. Stasiun yang memiliki kepadatan penumpang diatas diatas 50 persen ini terlihat di jam sibuk.

Ketentuan penumpang yang membawa balita naik KRL sama halnya dengan ketentuan khusus untuk penumpang lansia, yaitu mulai pukul 10.00 WIB sampai dengan 14.00 WIB. Namun jika dirasa tidak terlalu sibuk dengan kepadatan penumpang di stasiun, bisa diperbolehkan untuk naik KRL dengan tentu tetap mematuhi protokol kesehatan sesuai aturan pemerintah.

Baca juga: Kata Profesor Universitas Oxford, “Jangan Buru-Buru Berikan Kursi Pada Orang Tua di Bus Atau Kereta”

Para pelanggan KRL mengaku antusias menyambut penormalan lantaran tak lagi harus berdiri didalam kereta dengan aturan menjaga jarak. Semenatara itu pengawasan protokol kesehatan dan syarat bukti vaksin diperketat oleh petugas di tiap stasiun setelah diberlakukannya pembatasan jumlah penumpang 60 persen dari kapasitas. (PRAS – Cinta Kereta Api)

RELATED ARTICLES
- Advertisment -

Yang Terbaru