Punya Berat Badan Berlebih dan Maun Naik Pesawat? Cek Dulu Tips Ini!

(Travel Stack Exchange)

Kelebihan berat badan menjadi salah satu masalah saat duduk di kursi pesawat. Sebab umumnya pesawat memiliki ukuran kursi standar dan penumpang yang kelebihan berat badan dengan lingkar perut ekstra menjadikannya sulit untuk duduk, alhasil sabuk pengaman (safety belt) terkadang tidak muat bila digunakan penumpang tersebut.

Baca juga: Waduh! Berat Badan Berlebih Tak Bisa Duduk di Kelas Bisnis Thai Airways

Dirangkum KabarPenumpang.com dari skyscanner.com, ada beberapa tips bagi penumpang yang memiliki berat badan berlebih dan memudahkan dalam proses penerbangan. Salah satunya informasi tentang lebar kursi yang sesuai dengan kebijakan maskapai penerbangan masing-masing. Berikut ini beberapa tipsnya.

1. Bila memiliki berat badan berlebih, cari maskapai yang bisa mengakomodasi Anda sebelum memesan penerbangan. Karena kursi penumpang pesawat semakin lama semakin kecil dan membuat penumpang untuk memahami serta mengetahui ukuran kursi setiap maskapai.

2. Beberapa maskapai memiliki kursi yang cukup lebar dan cocok untuk pelancong yakni Jet Blue.

3. Penumpang dengan berlebihan berat badan akan sulit dalam penerbangan domestik dimana menggunakan pesawat berukuran lebih kecil.

4. Perhatikan kebijakan maskapai, sebab beberapa ada yang menghaurskan penumpang yang berlebihan berat badan membeli dua kursi. Namun seperti Air Canada, penumpang obesitas digolongkan sama dengan penyandang disabilitas dan bila terbang pelancong bisa meminta tempat duduk tambahan secara gratis bila menunjukkan surat keterangan dari dokter.

5. Operator yang berbeda dapat memiliki dimensi kursi yang berbeda. Di kelas ekonomi pada penerbangan jarak pendek, ada beberapa maskapai penerbangan yang menawarkan lebar kursi keseluruhan 18,25 inci.

6. Minta extender sabuk pengaman dan ini dimungkinkan untuk membelinya secara online juga.

7. Bila bisa gunakan pesawat baru yang berukuran lebih besar dan perhatikan memesannya.

8. Cobalah untuk memesan tempat duduk di lorong sehingga Anda tidak perlu meluncur melewati sesama penumpang setiap kali bangun.

9. Beli ruang kaki ekstra, sebab premi yang Anda bayarkan untuk kursi ruang kaki ekstra bisa sia-sia, mengingat tekanannya benar-benar berkurang.

10. Pada penerbangan internasional, pertimbangkan untuk membeli tiket Ekonomi Premium, yang lebih murah daripada kelas bisnis tetapi memberi Anda kursi yang jauh lebih besar daripada ekonomi standar.

Baca juga: Kartu Kredit Bantu Prediksi Ukuran Tubuh Penumpang Pesawat, Kok Bisa?

Saat KabarPenumpang.com menyambangi website milik Garuda Indonesia, ketentuan seperti ini untuk penumpang yang berlebihan berat badan tidak ditemukan hanya ditemukan untuk penyandang disabilitas dan ibu hamil serta yang memiliki penyakit. Semuanya bisa dipesan jika penumpang memesan tiket secara online atau melalui call center